Jumat 13 Aug 2021 11:22 WIB

Masjid Sheikh Zayed Keluarkan Kalender Baru Hijriah

Masjid Sheikh Zayed Keluarkan Kalender Baru Hijriah

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Sheikh Zayed Keluarkan Kalender Baru Hijriah. Foto:  Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi
Foto: Google.com
Masjid Sheikh Zayed Keluarkan Kalender Baru Hijriah. Foto: Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi

IHRAM.CO.ID,ABU DHABI -- Pusat Masjid Agung Sheikh Zayed telah mengeluarkan kalender baru tahun 1443 Hijriah yang dimulai pada 10 Agustus 2021. Kalender tersebut tersedia di Perpustakaan Al Jami masjid.

Pada kalender tersebut, dilengkapi juga dengan informasi penting seperti waktu sholat di meridian, waktu matahari terbenam di Abu Dhabi dan seluruh negeri, peristiwa astronomi besar dan detail tentang zodiak, musim, kondisi darat dan laut terkait, dan pergerakan pasang surut. Termasuk juga doa dan hadits yang membimbing individu di jalan menuju kebajikan moral.

Baca Juga

Selain memberikan informasi seperti waktu sholat, dan waktu terbitnya bintang Suhail, kalender tersebut juga menyertakan kutipan terkenal dan hari-hari internasional.

Edisi baru berisi interpretasi istilah ilmiah dan astronomi dan catatan bulan Gregorian yang sesuai, siklus astronomi, posisi zodiak dan pengaruhnya terhadap manusia, iklim, alam dan pertanian, selain menyebutkan variasi waktu sholat dari satu daerah ke daerah lain, juga liburan dan acara tahunan.

 

Isi kalender Hijriah disiapkan sesuai dengan pedoman ilmiah, agama dan astronomi. Kalender ini berhasil disusun atas kerja sama dengan otoritas yang berwenang di UEA, termasuk Pusat Meteorologi Nasional, Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf, Akademi Astronomi Sharjah, Ilmu Luar Angkasa dan Teknologi, Masyarakat Astronomi Emirates dan Pusat Astronomi Internasional di Abu Dhabi.

Dilansir dari Khalej Times, Jumat (13/8), informasi dalam kalender telah disetujui oleh komite dan tim khusus yang terdiri dari ahli hukum Islam dan astronomi.

Konten yang dihasilkan juga didasarkan pada studi bertahun-tahun dan pertemuan yang diadakan dengan para sarjana dan peneliti di bidang Syariah dan astronomi di dunia Islam. Ini memperhitungkan temuan ilmiah terbaru dari metode pemantauan canggih, yang telah digunakan dengan sangat hati-hati dan akurat.

Center membentuk tim yang terdiri dari delapan komite untuk mendukung proyek ini. Banyak peneliti dan ilmuwan Emirat berkontribusi pada proyek tersebut. Komite tersebut meliputi konten, studi dan penelitian, desain dan produksi kreatif, pengembangan dan kreativitas, audit konten, dukungan logistik, dukungan teknis, dan penerbitan elektronik.

Sumber:

https://m.khaleejtimes.com/news/uae-sheikh-zayed-grand-mosque-centre-issues-new-hijri-calendar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement