Jumat 13 Aug 2021 15:16 WIB

Israel Diam-Diam Buka Tender Proyek Jembatan Al Aqsa

Israel mengizinkan non-Muslim mengunjungi Al Aqsa

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Muhammad Hafil
 Israel Diam-Diam Buka Tender Proyek Jembatan Al Aqsa. Foto:  FILE - Dalam foto arsip 18 Juni 2021 ini, pasukan keamanan Israel mengambil posisi selama bentrokan dengan warga Palestina di depan Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem. Warga Palestina dan pemukim Yahudi saling melemparkan batu, kursi, dan kembang api semalaman di lingkungan Yerusalem yang tegang di mana kelompok pemukim berusaha mengusir beberapa keluarga Palestina, kata para pejabat Selasa, 22 Juni.
Foto: AP/Mahmoud Illean
Israel Diam-Diam Buka Tender Proyek Jembatan Al Aqsa. Foto: FILE - Dalam foto arsip 18 Juni 2021 ini, pasukan keamanan Israel mengambil posisi selama bentrokan dengan warga Palestina di depan Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem. Warga Palestina dan pemukim Yahudi saling melemparkan batu, kursi, dan kembang api semalaman di lingkungan Yerusalem yang tegang di mana kelompok pemukim berusaha mengusir beberapa keluarga Palestina, kata para pejabat Selasa, 22 Juni.

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM -- Pihak berwenang Isrsel mengundang perusahaan konstruksi untuk mengajukan tender proyek pembangunan Jembatan Gerbang Mughrabi. Jembatan ini akan menghubungkan halaman Al-Buraq (Tembok Barat) ke kompleks Masjid Al-Aqsa.

Perusahaan yang ingin mengirimkan proposal diminta untuk menandatangani klausul kerahasiaan. Surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth melaporkan klausul rahasia yang harus ditandatangani oleh peserta tender.

Baca Juga

"Dengan ini saya berjanji untuk menjaga kerahasiaan informasi yang lengkap dan mutlak, serta setiap detail yang terkait atau berasal darinya, dan tidak mempublikasikan atau mengungkapkan  dengan cara apa pun di hadapan orang atau badan mana pun dan semuanya untuk jangka waktu yang tidak terbatas," ujar isi klausul rahasia tersebut, dilansir Middle East Monitor, Jumat (13/8).

Pihak berwenang Israel telah membawa para kontraktor untuk meninjau lokasi pembangunan proyek jembatan pada bulan lalu. Yedioth Ahronoth melaporkan, proyek pembangunan jembatan itu harus diselesaikan dalam waktu dua bulan.

Jembatan Gerbang Mughrabi dibangun pada 2004 dengan material kayu. Jembatan tersebut dalam kondisi berbahaya, dan berpotensi roboh.

Gerbang Mughrabi adalah satu-satunya pintu menuju Masjid Al-Aqsa. Israel mengizinkan turis dan warga Israel memasuki situs suci umat Muslim tersebut. Israel juga mengizinkan  anggota sayap kanan Knesset, dan  pemukim Yahudi mengadakan doa di tempat tersebut.

Al-Aqsa mewakili situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Sementara orang Yahudi menyebut daerah itu sebagai Gunung Kuil, dan mengklaim bahwa itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement