Sabtu 14 Aug 2021 14:28 WIB

Menkes Beberkan Empat Strategi Kurangi Laju Penularan Covid

Semua kepala daerah dari Golkar diajak membantu penanganan pandemi Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.
Foto: Republika/Abdan Syakura
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan strategi yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Dia menyebut, empat strategi yang digunakan untuk mengurangi laju penularan, yaitu deteksi, terapeutik, vaksinasi, dan perubahan perilaku.

Menurut dia, yang paling berat dilakukan adalah strategi mengubah perilaku masyarakat. "Semua pandemi itu menuntut perubahan perilaku," ujarnya dalam webinar bertema 'Strategi Daerah Menangani Covid 19 dalam PPKM' yang digelar Golkar Institute secara daring di Jakarta, Jumat (13/8).

Webinar yang diikuti seluruh kepada daerah kader Golkar se-Indonesia. Dalam Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito, eks Direktur WHO Prof dr Tjandra Yoga Aditama, Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, dan tentu saja Menkes Budi Gunadi.

Budi menuturkan, saat ini penduduk Indonesia yang sudah divaksinasi sebanyak 52,4 juta jiwa. Dia menyampaikan, target vaksinasi perlu ditingkatkan menjadi 2,5 juta suntikan per hari.

Letjen Ganip Warsito memaparkan tentang roadmap pengendalian pandemi, yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta (3M) yang terdiri tracing, testing, dan treatment, plus vaksinasi.

Emanuel Melkiades Laka Lena menjelaskan, PPKM di Pulau Jawa-Bali mampu menurunkan kasus Covid-19. Sayangnya, tren kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali, malah meningkat signifikan.

Tjandra Yoga Aditama berpesan kepada kepala daerah kader Golkar untuk proaktif menurunkan angka kematian yang tinggi, dan melindung tenaga kesehatan yang bertugas. "Kalau sudah meninggal tentu orang tidak bisa kembali lagi. Tolong lindungi teman-teman saya tenaga kesehatan karena mereka berhadapan dengan virus yang sangat banyak dalam tugasnya," ucap Tjandra.

Anggota Fraksi Golkar DPR, Ace Hasan Syadzily mengatakan, tidak hanya kepala daerah, melainkan juga anggota dewan wajib ikut membantu penanganan pandemi Covid-19. Hal itu sesuai arahan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto yang meminta kepala daerah kader Golkar untuk berkerja keras dalam menangani pandemi Covid 19.

"Atas arahan dari Pak Ketua Umum, kita semua harus bekerja keras memastikan bahwa penanganan Covid 19 bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," ucap Ace saat memberi sambutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement