Ahad 15 Aug 2021 06:23 WIB

Doa Ketika Menghadapi Musuh yang Ditakuti

Doa tersebut berisi permohonan kepada Allah agar musuh yang ditakuti itu dikalahkan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Berdoa. Ilustrasi
Foto: Abdan Syakura/Republika
Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam mengajarkan seorang Muslim untuk tidak pernah mencari musuh meskipun hanya seorang. Akan tetapi ketika ada orang yang memusuhi dan bermaksud berbuat jahat, maka seorang Muslim tidak boleh berdiam diri. Jika musuh itu bermaksud untuk merampas harta atau juga mencelakai anak keturunan, bahkan menyakiti jiwa, maka seorang Muslim punya kewajiban membela diri dan mempertahankannya dengan sekuat tenaga.

Dalam menghadapi musuh terlebih yang ditakuti baik karena fisiknya atau pengaruhnya di tengah masyarakat luas, maka ada sebuah doa yang diajarkan Rasulullah. Doa tersebut berisi permohonan kepada Allah agar musuh yang ditakuti itu dikalahkan. Sebab hanya Allah Yang Maha Perkasa.

Berikut doanya sebagainya Rasulullah mewasiatkan kepada Ali bin Abi Thalib. Ini dapat ditemukan dalam kitab Wasiyatul Mustofa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran.

يَا عَلِيُّ، إِذَا لَقِيْتَ مَنْ تَحْذُرُهُ فَقُلْ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَدْرَأُ بِكَ فِيْ نَحْرِهِ وَاسْتَكْفِيْكَ غَضَبَهُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ

 

Wahai ali, jika engkau bertemu seseorang yang kamu takuti maka ucapkan lah olehmu :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَدْرَأُ بِكَ فِيْ نَحْرِهِ وَاسْتَكْفِيْكَ غَضَبَهُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ

Allahumma inni idzroubika fiyy nahrihi wastakfyyka ghidzobahu wa 'audzubika min syarrihi

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung padaMu pada lehernya musuh itu (kuserahkan matinya musuh itu padaMu), dan aku mohon perlindungan kepadaMu dari marahnya musuh itu, dan aku berlindung padaMu dari kejahatannya musuh itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement