Ahad 15 Aug 2021 09:12 WIB

Cara Agar Sehat dan Bahagia pada Usia Senja

Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengambil langkah proaktif menjaga kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Cara agar sehat dan bahagia saat usia senja (ilustrasi).
Foto: pixy.org
Cara agar sehat dan bahagia saat usia senja (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menua dengan anggun bukan tentang mencoba terlihat seperti umur 20-an, tetapi bagaimana Anda menjalani hidup terbaik dan memiliki kesehatan fisik serta mental. Idealnya, gaya hidup sehat sudah dipraktikkan sejak dini. 

Namun jika Anda belum melakukannya, tidak ada kata terlambat untuk mulai mengambil langkah proaktif dalam menjaga bahkan meningkatkan kesehatan. Dilansir laman Eat This Not That!, Ahad (15/8), berikut beberapa hal yang bisa mulai dilakukan untuk menjadi sehat dan bahagia pada usia tua: 

1. Sadari bahwa tubuh berkomunikasi dengan Anda

Direktur Medis Regional Vault Health, dr Martin Miner, mengatakan, menyadari perasaan fisik dan emosional diri sendiri adalah sesuatu yang diabaikan oleh banyak pria. Hal itu berdampak negatif pada kesehatan mereka seiring bertambahnya usia. Kendalikan perasaan dan hidup, lalu belajarlah untuk mengambil tindakan yang mengarahkan pada sesuatu yang Anda inginkan.

2. Rutin cek kesehatan

Menemui dokter secara teratur dapat membantu dokter menemukan masalah lebih awal atau bahkan sebelum mereka mulai. Jadi pastikan Anda rutin menjadwalkan berkonsultasi dengan dokter, meski tidak sedang sakit.

3. Mulai praktikkan diet

Ketika usia semakin bertambah, metabolisme Anda melambat. Jadi makanlah lebih sedikit kalori demi meningkatkan kesehatan. Tetapi jangan lupa untuk tetap memastikan asupan nutrisi, vitamin, dan cairannya cukup.

4. Konsisten olahraga

Olahraga teratur secara signifikan menurunkan risiko penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker, dan membantu Anda mempertahankan mobilitas lebih lama. Olahraga juga menurunkan stres dan meningkatkan kualitas tidur, kesehatan kulit dan tulang, serta suasana hati.

5. Kelola stres

Efek stres pada tubuh bisa sangat luas, mulai dari penuaan dini dan kerutan hingga risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Menjadi bahagia dan mengelola stres dengan bijak, bisa sangat membantu untuk sehat dan bahagia di usia senja. Selain itu, kadar testosteron berkurang sebagai respons terhadap stres menurut penelitian.

6. Jalin silaturahim

Memiliki hubungan dan jaringan sosial yang kuat bisa membantu meningkatkan kesejahteraan mental, fisik, dan umur panjang. Jika saat ini Anda tidak memiliki kehidupan sosial yang aktif, carilah kesempatan untuk berhubungan kembali dengan teman lama atau mencari teman baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement