Ahad 15 Aug 2021 20:30 WIB

Strategi Nekad, Brad Binders Juara MotoGP Austria

Binder dibantu jatuhnya Marc Marquez pada lap akhir jelang finis.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Brad Binder juara MotoGP Austria.
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Brad Binder juara MotoGP Austria.

REPUBLIKA.CO.ID, SPIELBERG -- Pembalap MotoGP dari tim Red Bull KTM, Brad Binder, secara mengejutkan berhasil naik podium pertama dalam balapan GP Austria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Ahad (15/8) malam WIB. Brad Binder mengungguli rider lain dengan catatan waktu tercepat 40 menit 43,928 detik. Di belakangnya ada pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, yang terpaut 9,9991 detik. Posisi ketiga menyusul Jorge Martin dari tim Pramac Ducati. Adapun grid terdepan saat start ditempati oleh Jorge Martin, Fabio Quartararo, dan Francesco Bagnaia.

Bagnaia mampu mengambil alih posisi terdepan pada tikungan keempat. Perebutan posisi tiga besar ikut diramaikan oleh Marc Marquez yang menyodok ke depan usai mengawali balapan dari posisi kelima.

Baca Juga

Lap pertama belum selesai, bendera putih sudah dikibarkan tanda para pembalap diperbolehkan berganti ban. 

Setelah beberapa lap, terlihat ada rintik hujan mulai berjatuhan di beberapa bagian trek. Meski demikian, para pembalap tidak segera melakukan pergantian ban karena hanya sedikit saja air yang turun.

Pada lap kelima rider Ducati, Bagnaia berhasil lolos dari pertarungan ketat Marc Marquez dan memimpin balapan.

Perlahan, kelompok terdepan yang dipimpin Bagnaia diikuti Quartararo dan Marquez menjauh dari beberapa pembalap di belakang.

Bendera hujan keluar pada lap 22, tapi juga tak digubris pembalap karena hujan tidak terlalu mengganggu kondisi trek.

Lap 24 dari total 28 lap, Jack Miller dan Alex Rins masuk ke pit untuk berganti ke ban basah. Cukup unik karena kebanyakan pembalap terus lanjut dengan ban kering. Persaingan semakin ketat di baris depan.

Jorge Martin, Joan Mir, dan Brad Binder tiba-tiba bisa mengejar kelompok terdepan dan terlibat pertarungan ketat untuk posisi terdepan.

Lap 25 hujan tiba-tiba deras saat terjadi pertarungan ketat di depan. Alhasil lima pembalap teratas masuk ke pit untuk menjalani prosedur ganti ban. Dalam situasi ini, Binder nekat memakai ban kering.

Binder meneruskan balapan di posisi terdepan, diikuti Aleix Espargaro dan Valentino Rossi yang nekat memakai ban kering di 3 lap terakhir. 

Trek memang sedikit basah, tapi Binder dan beberapa pembalap masih bisa bertahan dengan ban kering. Nahas bagi Marquez, ia terjatuh saat balapan menyisakan satu lap lagi. Sementara, Binder masih berada di depan memimpin balapan.

Brad Binder akhirnya berhasil memenangkan balapan karena strateginya berjalan baik. Sementara, Bagnaia berhasil melesat di posisi kedua setelah sempat tercecer lebih dahulu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement