Selasa 17 Aug 2021 12:54 WIB

Buah Delima dalam Alquran dan Khasiatnya

Setidaknya ada tiga ayat dalam Alquran yang membahas buah delima.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Buah pome atau delima.
Foto: Pixabay
Buah pome atau delima.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Buah delima menjadi salah satu buah yang disebutkan dalam Alquran dan termasuk sebagai salah satu buah yang terdapat di surga kelak. Setidaknya ada tiga ayat yang dalam Alquran yang membahas buah ini.

Allah berfirman dalam Alquran di surat Al-An'am ayat 99:

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَأَخْرَجْنَا بِهِۦ نَبَاتَ كُلِّ شَىْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًا وَمِنَ ٱلنَّخْلِ مِن طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّٰتٍ مِّنْ أَعْنَابٍ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۗ ٱنظُرُوٓا۟ إِلَىٰ ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَيَنْعِهِۦٓ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكُمْ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

 

 

Artinya: Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

Juga disebutkan dalam Alquran surat Al-An'am ayat 141:

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٍ مَّعْرُوشَٰتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَٰتٍ وَٱلنَّخْلَ وَٱلزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُتَشَٰبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۚ كُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَءَاتُوا۟ حَقَّهُۥ يَوْمَ حَصَادِهِۦ ۖ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Terjemah Arti: Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Penyebutan lain dijelaskan dalam surat Ar-rahman ayat 68:

 فِيهِمَا فَٰكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

Terjemah Arti: Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.

Rasulullah menyebutkan buah ini di beberapa haditsnya:

Dari Anas bin Malik RA meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, “Tidak ada buah delima yang tidak memiliki biji dari salah satu buah delima dari Taman (Jannah) di dalamnya.”  (HR. Abu Nu'aim).  

Rasulullah juga mengatakan, "Delima dan kulitnya memperkuat pencernaan (perut)." (Abu Nuaim, Al-Jozi).

Dilansir dari About Islam, Sabtu (14/8), selain keistimewaan buah delima menurut ajaran Islam, ternyata kandungan buah ini dipelajari lebih lanjut oleh para ilmuwan. Mereka menemukan bahwa sebuah molekul dalam buah delima, yang diubah oleh mikroba di dalam usus, memungkinkan sel-sel otot untuk melindungi diri mereka sendiri dari salah satu penyebab utama penuaan.

Pada hewan, efeknya tidak kalah menakjubkan.  Uji klinis sedang berlangsung, tetapi beberapa temuan awal telah diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine menurut Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne dari Swiss.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel seseorang berjuang untuk mendaur ulang pembangkit tenaga mereka.  Disebut mitokondria, kompartemen bagian dalam ini tidak lagi mampu menjalankan fungsi vitalnya, sehingga terakumulasi di dalam sel.

Degradasi ini mempengaruhi kesehatan banyak jaringan, termasuk otot, yang secara bertahap melemah selama bertahun-tahun.  Penumpukan mitokondria yang disfungsional juga diduga berperan dalam penyakit penuaan lainnya, seperti penyakit Parkinson.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi sebuah molekul yang dengan sendirinya, berhasil membangun kembali kemampuan sel untuk mendaur ulang komponen mitokondria yang rusak: urolithin A.

"Ini adalah satu-satunya molekul yang diketahui yang dapat meluncurkan kembali proses pembersihan mitokondria, atau dikenal sebagai mitofag. Ini adalah zat yang sepenuhnya alami, dan efeknya sangat kuat dan terukur," kata Patrick Aebischer, rekan penulis studi tersebut.

Namun, sebelum pergi untuk membeli buah delima, perlu dicatat bahwa buah itu sendiri tidak mengandung molekul ajaib, melainkan pendahulunya.  Molekul itu diubah menjadi urolitin A oleh mikroba yang menghuni usus.

Karena itu, jumlah urolitin A yang dihasilkan dapat sangat bervariasi, tergantung pada spesies hewan dan flora yang ada di mikrobioma usus.  Beberapa individu tidak menghasilkan sama sekali.  Jika Anda salah satu yang kurang beruntung, mungkin saja jus delima tidak akan membantu Anda.

Namun, bagi mereka yang tidak memiliki mikroba yang tepat di dalam perut mereka, para ilmuwan sudah mencari solusi.  Rekan penulis studi ini mendirikan perusahaan baru, Amazonis, yang telah mengembangkan metode untuk memberikan dosis urolithin A yang dikalibrasi dengan baik. Perusahaan saat ini merupakan uji coba klinis Eropa pertama pada manusia di rumah sakit.

Fungsi Urolithin A adalah produk dari puluhan juta tahun evolusi paralel antara tumbuhan, bakteri dan hewan. Menurut Chris Rinsch, co-penulis dan CEO Amazonis, proses evolusi ini menjelaskan efektivitas molekul.

“Prekursor untuk urolithin A ditemukan tidak hanya dalam buah delima, tetapi juga dalam jumlah yang lebih kecil di banyak kacang-kacangan dan buah beri.  Namun agar dapat diproduksi di usus kita, bakteri harus mampu memecah apa yang kita makan," ujarnya.

"Ketika, melalui pencernaan, dihasilkan suatu zat yang bermanfaat bagi kita, seleksi alam mendukung baik bakteri yang terlibat maupun inangnya.  Tujuan kami adalah mengikuti validasi klinis yang ketat, sehingga setiap orang dapat memperoleh manfaat dari hasil evolusi jutaan tahun ini," tambahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement