Selasa 17 Aug 2021 15:04 WIB

Menelusuri Masjid Pertama di Amerika

Higland Park diklaim jadi masjid pertama di Amerika.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Menelusuri Masjid Pertama di Amerika
Foto: Michiganradio
Menelusuri Masjid Pertama di Amerika

REPUBLIKA.CO.ID,LANSING -- Michigan Tenggara menjadi tempat bagi populasi Muslim Arab terbesar dan paling beragam, dengan 40 persen dari populasinya mengidentifikasi diri sebagai Muslim. Beberapa mengklaim bahwa Highland Park merupakan rumah bagi masjid pertama di Amerika. 

Namun, Kurator Pameran Pusat Sejarah Michigan, Jillian Reese menjelaskan bahwa beberapa masjid mengklaim sebagai yang pertama di negara itu.

Baca Juga

Pesaing paling awal tercatat telah menjadi bagian dari pameran Cairo Street di World's Columbian Exposition 1893 di Chicago. Masjid Cairo Street memiliki seorang imam yang dihormati, dan mengumandangkan azan lima kali sehari. Namun, meskipun dianggap sebagai bangunan pertama yang sengaja dibangun untuk menjadi masjid, situs tersebut lebih untuk turis daripada untuk penganut agama.

"Jadi itu seperti pameran Disneyland-esque yang dibuat untuk pandangan Barat, dan tidak harus otentik, tetapi seharusnya memenuhi fantasi tentang apa itu Timur Tengah bagi penonton Amerika," kata Reese dilansir dari laman Michiganradio pada Selasa (17/8).

Setelah Pameran, sebagian besar dari mereka yang bekerja di masjid kembali ke negara asal mereka, dan bangunan itu sendiri dirobohkan. "Itu memang berfungsi seperti masjid, tetapi, bagi saya, itu jelas bukan Masjid pertama di Amerika," kata Reese.

Masjid berikutnya didirikan pada 1915 oleh sekelompok Muslim Albania yang bekerja di pabrik Pepperell Counting House di Maine. Masjid itu bukan bangunan khusus, tetapi merupakan bagian dari kota perusahaan.

"Kami tidak tahu banyak tentang Masjid. Kami bahkan tidak memiliki tanggal akhir untuk Masjid. Kami baru tahu bahwa itu didirikan pada tahun 1915," kata Reese.

Satu-satunya indikasi bahwa masjid pernah ada di situs tersebut adalah kuburan Islam yang ada di sana pada hari ini.

Selanjutnya konstruksi dimulai di Masjid Highland Park hanya beberapa tahun kemudian, pada 1920. Reese mengatakan, sepanjang awal abad ke-20, gelombang pendatang baru beremigrasi ke Michigan dari Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Salah satu faktor utama adalah industri manufaktur mobil yang berkembang pesat. Yang lainnya adalah kemunduran Kekaisaran Ottoman.

Ketika kekaisaran jatuh dengan Perang Dunia I dan kehilangan pengaruh di negara-negara Mediterania timur, banyak di negara-negara tersebut meninggalkan wilayah Kekaisaran Ottoman untuk mencari kemerdekaan. Beberapa berakhir di kota-kota seperti Detroit. Reese mengungkapkan, di antara para imigran itu, adalah saudara laki-laki Mohammed dan Hussein Karoub. Mohammed merupakan seorang investor real estate, dan Hussein adalah seorang imam yang dilatih di Damaskus.

"Karoub bersaudara sangat ingin Detroit menjadi pusat Islam bagi Amerika Serikat, dan mereka merasa, untuk membangun komunitas di sana, mereka harus melakukan apa yang dilakukan orang Kristen, yaitu membangun rumah ibadah," kata Reese.

Mereka mengumpulkan dana dan mulai membangun pada 1920. Masjid dibuka selama Hari Raya Idul Fitri tahun berikutnya.

Meskipun Masjid Highland Park sangat dinantikan, masjid itu hanya tetap buka selama satu tahun. Reese mengatakan, sejumlah faktor berkontribusi pada penurunan masjid. Pertama, banyak masyarakat meninggalkan daerah tersebut untuk pindah lebih dekat ke Pabrik Rouge Ford di Dearborn. Ditambah lagi, sebagian besar jadwal kerja bentrok dengan ibadah Jumat di masjid.

"Kelompok imigran ini, dari Suriah khususnya, jauh lebih sekuler. Jadi mereka benar-benar melihat masjid lebih sebagai tempat berkumpul dan pusat komunitas daripada yang diinginkan imam, yaitu rumah ibadah yang suci. Jadi ibadah Jumat tidak begitu penting bagi komunitas Muslim ini," kata Reese.

Faktor terbesar dalam penurunan masjid adalah pengesahan Undang-Undang Kuota Darurat pada 1921, yang melarang imigrasi dari sebagian besar negara Islam ke Amerika Serikat. Aliran besar imigrasi ke wilayah Detroit berhenti sampai Undang-undang tersebut dicabut pada1960-an.

Masjid terkenal lainnya namun sering diabaikan adalah Masjid Al Sadiq di Chicago. "Jika Anda ke Google, 'masjid pertama, Amerika', itu tidak sering terdaftar, karena itu adalah masjid Ahmadiyah. Dan Muslim Ahmadiyah adalah sekte Islam dari Pakistan dan India, dan itu adalah sekte minoritas dalam Islam. Seringkali mereka agak tersisih dari cerita itu," kata Reese.

Reese mengungkapkan, Ahmadiyah diakui sebagai orang pertama yang secara aktif menjangkau orang kulit hitam Amerika yang menolak Kristen Barat, yang mereka lihat berakar pada supremasi kulit putih. Masjid Al Sadiq dimulai oleh anggota komunitas Kulit Hitam Chicago.

"(Jadi) Masjid tertua yang dibangun khusus adalah Islamic Culture and Heritage Centre di Cedar Rapids, Iowa," kata Reese.

Itu disebut sebagai 'Mother Mosque of America' masjid ini didirikan pada 1934, dan masih berjalan sampai sekarang. Meskipun Masjid Highland Park bukan yang pertama secara resmi di negara itu, Reese percaya sejarah dan dampak masjid patut diapresiasi.

"Dan saya pikir dengan masjid Highland park, saudara-saudara Kroub benar-benar ingin menjadikan Detroit dan Michigan Tenggara sebagai pusat Islam di Amerika Serikat. Dan saya benar-benar berpikir hari ini, terutama ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa kita memiliki komunitas Muslim yang beragam dan berkembang di Michigan Tenggara, bahwa komunitas itu telah menjadi salah satu pusat agama di Amerika Serikat," ungkap Reese.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement