Selasa 17 Aug 2021 17:07 WIB

Inggris Peringatkan Taliban agar tak Lakukan Teror ke Barat

Negara Barat akan prakmatis dalam hubungannya dengan Taliban

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab
Foto: DominicRaab/Twitter
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab memperingatkan Taliban agar tak menggunakan Afghanistan untuk melancarkan serangan teror terhadap Barat. Saat ini, Taliban diketahui telah menguasai Afghanistan. 

“Pesan kami adalah ini; Afghanistan tidak boleh digunakan untuk melancarkan serangan teroris terhadap Barat, kami telah 20 tahun sukses dalam hal tersebut,” kata Raab saat diwawancara Sky News pada Selasa (17/8).

Baca Juga

Raab berpendapat, Barat pun harus pragmatis dalam hubungannya dengan Taliban dan mencoba melihat apakah mereka bisa memoderasi penguasa baru di Afghanistan. “Kami ingin melakukan semua yang kami bisa, melalui berbagai tindakan sanksi diplomatik-ekonomi, guna memastikan kami dapat menggunakan sebanyak mungkin pengaruh yang kami miliki, dan saya realistis tentang itu, untuk mencoba dan memoderasi serta menerapkan beberapa bentuk pengaruh positif di sekitar rezim,” ucapnya. 

Saat diberitahu reporter Sky News bahwa Taliban dijuluki sebagai “sekelompok preman”, Raab mengaku setuju dengan hal tersebut. “Tapi mereka sekarang berkuasa dan kita sekarang harus menghadapi kenyataan itu. Kami ingin menguji apakah ada ruang untuk memoderasi jenis rezim yang sekarang akan kita lihat,” ujarnya. 

Baca juga : Luput dari Sorotan, Bendera Taliban Bertuliskan Syahadat

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement