Rabu 18 Aug 2021 13:39 WIB

Profil Irani, Komandan Angkatan Laut Iran dari Sunni

Komandan AL Iran dipimpin oleh Irani yang penganut Sunni.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Profil Irani, Komandan Angkatan Laut Iran dari Sunni
Foto: Anadolu Agency
Profil Irani, Komandan Angkatan Laut Iran dari Sunni

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN—Pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei, yang juga panglima tertinggi angkatan bersenjata Iran, menunjuk Shahram Irani sebagai komandan angkatan laut, Selasa (17/8). Irani (54 tahun) adalah komandan militer berpangkat tinggi Sunni pertama di angkatan bersenjata dan berasal dari Sanandaj, provinsi Kurdistan barat laut, dengan populasi Sunni yang cukup besar.

Khamenei mengatakan dalam sebuah dekrit bahwa penunjukan Irani merujuk pada “komitmen dan catatan baiknya” serta rekomendasi dari panglima angkatan bersenjata, Jenderal Mohammad Bagheri. Dia diangkat menjadi laksamana, pangkat tertinggi di angkatan laut Iran. 

Baca Juga

“Upaya serius dan layak diperlukan untuk memanfaatkan semua kapasitas untuk membawa angkatan bersenjata maju, dengan menekankan “peningkatan kekuatan dan persiapan,” kata Khamenei yang dikutip di AA, Rabu (18/8).

Sebagai lulusan Universitas Ilmu Kelautan Imam Khomeini, Irani telah memegang posisi senior di angkatan laut sejak 1987, termasuk kepala operasi zona angkatan laut 1 Angkatan Darat (Bandar Abbas), kepala staf dan wakil komandan di wilayah Bandar Abbas, wakil kepala pelatihan angkatan laut dan wakil kepala pelatihan angkatan darat. Dia juga memimpin misi angkatan laut yang penting, termasuk berlayar dengan kapal perang Iran melalui Terusan Suez ke Laut Mediterania pada tahun 2011 dan beberapa operasi penyelamatan angkatan laut di Teluk Persia.

Baca juga : Ketika Wartawan BBC Terkejut Melihat Jubir Taliban

Hossein Khanzadi memegang posisi itu sejak 2017. Selama empat tahun masa jabatannya di pucuk pimpinan angkatan laut, kecelakaan dilaporkan, dengan setidaknya tiga tenggelamnya kapal di perairan regional. Yang terakhir dan dipublikasikan secara luas adalah pada bulan Juni ketika IRIS Kharg terbakar di dekat pelabuhan Jask di Teluk Oman selama misi pelatihan, sebelum tenggelam.

Beroperasi sejak 1977, Kharg adalah kapal angkatan laut terbesar Iran dan memberikan dukungan untuk operasi pelatihan angkatan laut Iran di perairan regional selama beberapa dekade.

Sumber:

 https://www.aa.com.tr/en/middle-east/iran-appoints-first-sunni-high-ranking-commander-as-navy-chief/2338442

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement