Pria Ini Berjalan Kaki dari Inggris ke Makkah

Rabu , 18 Aug 2021, 13:43 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Mohammed berjalan kaki dari Inggris ke Makkah
Mohammed berjalan kaki dari Inggris ke Makkah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Seorang pria Muslim asal Midlands, Inggris, Mohammed memulai petualangan untuk melakukan perjalanan menuju kota suci Makkah di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Yang menarik, Muslim bernama Adam Mohammed itu melakukan perjalanan dengan cara berjalan kaki dari Wolverhampton menuju Makkah.

 

Terkait

Sembari mendorong sebuah gerobak, Mohammed akan menempuh perjalanan sejauh 4.000 mil seorang diri, melintasi perbatasan darat dan laut hingga ia bisa mencapai kota Makkah. Seperti dilaporkan Coventry Telegraph, dilansir di laman About Islam, Selasa (17/8), Mohammed membuat sendiri gerobak yang beratnya sekitar 200-250 kg. Di gerobak tersebut itulah, dia akan makan, tidur, dan memasak selama sekitar 330 hari.

Selama melakukan perjalanan, dia berbagi siaran langsung kehidupan hariannya di media sosialnya. Bahkan melalui perjalanan religinya ini, Mohammed telah mengumpulkan lebih dari 400.000 pengikut dan mendapatkan 2,8 juta fitur suka (likes) di platform media sosial TikTok.

Perjalanannya ini akan memakan waktu satu tahun. Selama melakukan perjalanan melintasi benua ini, ia meninggalkan seorang istri dan dua anak di Wolverhampton.

Sementara itu, laman penggalangan dana yang disiapkan untuk mendukung perjalanan Mohammed telah meraih senilai 20.000 pound. Di halaman tersebut tertulis pernyataan seperti ini, "Setelah berbicara dengannya selama berjam-jam, Saya sampai pada kesimpulan bahwa dia tidak melakukan semua ini untuk ketenaran nama atau uang. Tetapi hanya untuk menyoroti kepada dunia kita semua sama dan dia tidak lebih baik dari siapa pun."

"Ini tidak akan menjadi perjalanan yang mudah baginya, tetapi rela mengorbankan segalanya demi Allah dan memasrahkan dirinya kepada Allah."

"Tolong bantu dengan jumlah donasi berapa pun sehingga kami dapat mendukungnya untuk mencapai tujuannya insya Allah, dan menyinari Islam dengan cahaya yang berbeda."

Dukungan untuk perjalanan Mohammed ini pun membanjiri media sosial. Di halaman GoFundMe, salah satunya akun bernama Shazia Yaqub menunjukkan dukungannya.

"Insya Allah, Anda mencapai tujuan Anda ke Makkah, semoga Allah memberi Anda dan keluarga Anda surga tingkat tertinggi. Keluarga kami akan terus memantau perjalanan Anda dan ribuan orang akan melakukan hal yang sama, insya Allah."

Sebelumnya, petualangan serupa sudah pernah terjadi, terutama untuk menunaikan ibadah haji. Bulan lalu, sekelompok orang yang terdiri dari empat pesepeda asal Kenya dan dua anggota pendukung memulai perjalanan panjang dari Nairobi ke Makkah untuk berhaji. Mereka juga mengumpulkan dana untuk mendidik anak-anak yang membutuhkan di Kenya.

Pada 2018, sebuah keluarga yang terdiri dari lima orang Muslim asal Indonesia melakukan perjalanan panjang dengan cara bersepeda sejauh 13.000 km ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Pada 2017, seorang Muslim Indonesia lainnya berjalan lebih dari 9.000 kilometer untuk menunaikan ibadah haji.

Pada 2012, Muslim Bosnia berusia 47 tahun, Senad Hadzic, mencapai kota suci Makkah dengan berjalan kaki untuk menunaikan haji. Selama perjalanannya, pria itu berjalan hampir 3.600 mil (5.900 km) dari desanya di Bosnia ke kota suci Makkah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini