Menag Ajak Tokoh Agama Jadi Teladan Prokes

Rabu , 18 Aug 2021, 17:12 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Menag Yaqut Cholil Qoumas.
Menag Yaqut Cholil Qoumas.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak para tokoh agama untuk terus membantu menyosialisasikan protokol kesehatan dan menjadi teladan dalam menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

 

Terkait

"Sebagai tokoh agama agar menyampaikan kepada umatnya masing-masing, bisa menjadi teladan dan mengingatkan masyarakat untuk selalu meningkatkan kepatuhan prokes, terutama memakai masker," katanya dalam diskusi daring Kebangsaan Lintas Agama yang dipantau dari Jakarta, Rabu (18/8).

Dia yakin selama ini para tokoh agama sudah berbuat banyak untuk mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

"Para tokoh agama tidak lelah untuk mengedukasi umatnya untuk terus menaati protokol kesehatan dan vaksinasi," katanya.

Dia mendorong para tokoh agama menyampaikan perintah agama yang berkenaan dengan keutamaan menjaga keselamatan diri dan orang lain, termasuk di antaranya memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19 pada diri sendiri dan orang lain. Yaqut mengemukakan bahwa para tokoh agama berperan penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Tanah Air karena mereka ada di tengah masyarakat dan suara mereka lebih didengar oleh masyarakat.

Menurut hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Agama pada 2020, masyarakat menganggap tokoh agama sebagai sumber informasi mengenai Covid-19 dan vaksinasi yang bisa dipercaya setelah dokter dan presiden.

"Peran tokoh agama sangat penting, apalagi untuk melawan banjirnya informasi tentang pandemi yang sering ngawur," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini