Kamis 19 Aug 2021 07:10 WIB

Haji, Jihad yang Paling Indah bagi Muslimah

Haji wanita jihad.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Haji, Jihad yang Paling Indah bagi Muslimah. Foto:  ilustrasi Jamaah Haji Nigeria
Foto: EPA-EFE/MIKE NELSON
Haji, Jihad yang Paling Indah bagi Muslimah. Foto: ilustrasi Jamaah Haji Nigeria

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Ibadah haji menjadi ladang jihad seorang wanita muslim (Muslimah) dikerjakan di luar rumah. Karena selain haji banyak ketentuan syariat merekomendasikan wanita lebih baik diam di rumah sebagai jihad menjaga kehormatan dan harta benda milik suaminya. 

"Haji sebuah perjalanan ibadah suci yang bahkan bisa disebut sebagai jihad bagi seorang muslimah," kata Miftahuljannah dalam bukunya Haji dan Umrah Bagi Muslimah.

Baca Juga

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits. Rasulullah bersabda: 

"Kalian kaum wanita memiliki jihad yang paling baik dan indah yaitu haji. Haji yang mabrur."

Aisyah mengisahkan, "Sejak mendengar pernyataan Rasulullah SAW tersebut, aku tidak pernah meninggalkan Haji." (HR. Bukhari dan Muslim).

Pada dasarnya setiap umat muslim di seluruh dunia menyadari betul kewajiban ibadah haji. Sehingga tak sedikit orang orang berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menunaikannya. 

"Perjalanan ibadah haji merupakan ibadah yang tak hanya menguras fisik tetapi juga memerlukan kekuatan ekonomi yang kuat, juga hati yang bersih," katanya.

Karena ibadah rukun Islam kelima ini merupakan serangkaian ibadah yang begitu suci dan mulia. Waktu pelaksanaan haji hanya dilakukan dalam satu waktu saja yakni pada bulan Dzulhijah. 

"Jutaan umat muslim di seluruh dunia, berkumpul di satu tempat untuk bermunajat kepada Allah," katanya.

Karena jumlah yang semakin membludak, pihak pemerintah Arab Saudi pun membatasi kuota kepada setiap negara termasuk Indonesia. Karenanya setiap umat muslim di Indonesia memerlukan kesabaran dan keikhlasan hati, tatkala ia tak mampu untuk melaksanakannya. 

"Tak jarang pula banyak umat muslim akhirnya memutuskan untuk pergi Umroh kamu hanya karena begitu rindunya untuk segera memenuhi panggilan mulia tersebut," katanya.

Meski begitu tetap saja, memerlukan berbagai macam persiapan untuk melaksanakan ibadah haji ataupun umrah. Mempersiapkan diri dengan membersihkan hati dengan lebih mendekatkan diri kepadanya, juga banyak mengumpulkan ilmu tentang tentangnya merupakan langkah yang utama.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement