Kamis 19 Aug 2021 17:50 WIB

Covid-19 Sebabkan Ulama Kondang Uzbekistan Wafat

Covid-19 Sebabkan Ulama Kondang Uzbekistan Wafat.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Ulama Kondang Uzbekistan Meninggal Akibat Covid-19
Foto: RFERL
Ulama Kondang Uzbekistan Meninggal Akibat Covid-19

IHRAM.CO.ID,TASHKENT -- Ulama terkemuka Uzbekistan, Usmonkhon Alimov, meninggal dunia karena komplikasi yang disebabkan Covid-19, di sebuah rumah sakit di Moskow.

Dokter di unit perawatan intensif Rumah Sakit Klinis No. 52 mengatakan ketua Direktorat Spiritual Muslim Uzbekistan ini meninggal di fasilitas tersebut pada 15 Agustus, dalam usia 71 tahun. Menurut para dokter, Alimov meninggal karena komplikasi jantung yang disebabkan Covid-19.

Baca Juga

Dilansir di RFERL, Kamis (19/8), Alimov merupakan mufti agung Uzbekistan. Ia dimakamkan di daerah asalnya, Samarkand di tenggara Uzbekistan, sehari setelahnya pada 16 Agustus.

Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoev, dan Perdana Menteri Abdulla Aripov mengunjungi rumah Alimov untuk menyampaikan belasungkawa kepada kerabatnya pada hari yang sama.

Ketua Dewan Mufti Rusia Ravil Gainutdinov, Mufti Moskow Ildar Alyautdinov, dan pemimpin wilayah Kaukasus Utara Rusia di Chechnya, Ramazan Kadyrov, termasuk di antara mereka yang secara resmi menyatakan belasungkawa kepada kerabat Alimov.

Dalam beberapa bulan terakhir, Alimov terlibat dalam mempromosikan Presiden petahana, Mirziyoev. Ia secara intensif bertemu dengan umat Islam di masjid-masjid dan melaksanakan shalat di seluruh negeri, menjelang pemilihan presiden yang dijadwalkan pada 24 Oktober nanti.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement