Kamis 19 Aug 2021 20:22 WIB

Al-Qaeda Ucapkan Selamat Taliban Berhasil Kuasai Afghanistan

Al-Qaeda menyatakan akan melanjutkan kampanye militernya sendiri.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Pasukan Alqaeda di Yaman.
Foto: Reuters
Pasukan Alqaeda di Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA – Kelompok al-Qaeda di Yaman mengucapkan selamat kepada Taliban atas keberhasilannya menguasai kembali Afghanistan setelah 20 tahun. Al-Qaeda menyatakan akan melanjutkan kampanye militernya sendiri.

 

Baca Juga

“Kemenangan serta pemberdayaan ini mengungkapkan kepada kami bahwa jihad dan pertempuran mewakili cara berbasis syariah, legal, dan realistis untuk memulihkan hak (dan) mengusir penyerbu dan penjajah,” kata al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) dalam sebuah pernyataan pada Rabu (18/8), dikutip laman Al Arabiya.

 

AQAP pun mengutarakan penentangannya terhadap demokrasi. Menurut mereka, hal itu hanya fatamorgana yang menipu. Taliban diketahui sempat melindungi pemimpin al-Qaeda Usama bin Laden saat mereka berkuasa di Afghanistan pada 1996-2001. Hal itu pula yang mendorong Amerika Serikat (AS) melakukan invasi ke Afghanistan.

Washington meyakini bin Laden merupakan otak di balik serangan terhadap gedung World Trade Center (WTC) pada 11 September 2001. Hampir 3.000 warga AS tewas dalam insiden tersebut. Selama dua dekade terakhir, AS telah menjadi sekutu utama Pemerintah Afghanistan dalam memerangi Taliban. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement