Jumat 20 Aug 2021 10:01 WIB

Pesepakbola Afghanistan Tewas Jatuh dari Pesawat AS

Zaki Anwari: Pesepakbola Afghanistan tewas jatuh dari pesawat AS

Ratusan orang berkumpul di dekat pesawat angkut C-17 Angkatan Udara AS di perimeter bandara internasional di Kabul, Afghanistan, Senin, 16 Agustus 2021.
Foto: AP/Shekib Rahmani
Ratusan orang berkumpul di dekat pesawat angkut C-17 Angkatan Udara AS di perimeter bandara internasional di Kabul, Afghanistan, Senin, 16 Agustus 2021.

IHRAM.CO.ID, Seorang pesepakbola Afghanistan yang bermain untuk tim pemuda nasional tewas setelah mencoba berpegangan pada pesawat AS yang mengangkut orang-orang keluar dari Kabul yang dikuasai Taliban. Hal dikatakan oleh sebuah federasi olahraga di sana.

Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan, lembaga pemerintah yang bekerja dengan kelompok olahraga, mengkonfirmasi kematian Zaki Anwari dalam kekacauan yang meletus di bandara di ibukota minggu ini.

“Anwari, seperti ribuan pemuda Afghanistan, ingin meninggalkan negara itu tetapi jatuh dari pesawat AS dan meninggal,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan yang diposting di Facebook pada hari Kamis (19/8) seperti dilansir Al Jazeera.com.

Ribuan warga Afghanistan telah berbondong-bondong ke bandara minggu ini dalam upaya untuk melarikan diri dari negara itu. Situasi inu muncul menyusul serangan kilat Taliban yang berakhir dengan mereka mengambil alih kekuasaan ketika Presiden Ashraf Ghani melarikan diri.

Dalam sebuah video yang mengerikan dari bandara pada hari Senin, ratusan orang terlihat berlari di samping pesawat Angkatan Udara AS saat pesawat itu melaju kencang di landasan pacu. Beberapa pria mati-matian berpegangan di samping. Klip lebih lanjut di media sosial muncul untuk menunjukkan dua orang terjatuh dan mati terlempar  dari pesawat C-17 yang lepas landas.

Potongan sisa-sisa tubuh manusia kemudian ditemukan di sumur roda pesawat. Pihak militer AS mengkonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki kematian yang dilaporkan terkait dengan kejadian di pesawat pengangkut Herculers C-17.

"Sebelum awak udara bisa menurunkan kargo, pesawat itu dikepung oleh ratusan warga sipil Afghanistan," kata juru bicara Angkatan Udara AS Ann Stefanek. “Menghadapi situasi keamanan yang memburuk dengan cepat di sekitar pesawat, kru C-17 memutuskan untuk meninggalkan lapangan terbang secepat mungkin.”

photo
Ribuan warga Afghanistan mengepung pesawat AS di Bandara Kabul, - (Al Jazeera)

Presiden AS Joe Biden telah mendapat tekanan di dalam dan luar negeri untuk menjelaskan bagaimana pemerintahannya tampaknya tidak siap untuk serangan cepat Taliban – dan cara pasukan AS mundur dari Afghanistan.

Kenangan tentang rezim Taliban pada 1990-an – yang melarang musik dan televisi, orang-orang dirajam sampai mati dan wanita dikurung di rumah mereka  mendorong banyak warga Afghanistan untuk mencoba melarikan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement