Jumat 20 Aug 2021 22:28 WIB

Ribuan Orang dan Usaha di Depok Kena Sanksi Saat PPKM

Dari ribuan pelanggar PPKM, sebanyak 12 orang menjalani sidang tindak pidana ringan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas Satpol PP. ilustrasi
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas Satpol PP. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), aparat Satpol PP Kota Depok sudah menindak ribuan orang dan kegiatan usaha yang melakukan pelanggaran. 

"Sudah ada ribuan orang dan kegiatan usaha yang diberi sanksi tegas lantaran melanggar PPKM. Mayoritas pelanggarannya melewati jam pembatasan aktivitas, seperti kegiatan usaha dan kaki lima, hingga pelanggar prokes. Seperti menimbulkan kerumunan dan tidak menggunakan masker," ujar Sekretaris Satpol PP Kota Depok, Fery Birowo di Balai Kota Depok, Jumat (20/8).

 

Menurut Fery, berdasarkan data Satpol PP Kota Depok, terdapat 5.056 perorangan pelanggar PPKM yang diberi sanksi. Dengan rincian, teguran lisan 4.977 orang, dan teguran sosial 79 orang. Sedangkan untuk kegiatan usaha ada 3.331 yang terkena sanksi. Diantaranya teguran lisan, 2.687 kegiatan usaha, teguran tertulis 449, denda 181, dan penyegelan 14 kegiatan usaha.

 

"Dari ribuan pelanggar PPKM, sebanyak 12 orang menjalani sidang tindak pidana ringan (Tipiring). Mereka semua bayar denda, paling besar nominal dendanya Rp 300 ribu," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement