Wamenag: Alumni Haji Harus Jadi Katalisator Pembangunan

Ahad , 22 Aug 2021, 12:23 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Jamaah haji Indonesia
Jamaah haji Indonesia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Agama (Wamenag), KH Zainut Tauhid Sa'adi meminta masyarakat yang sudah menunaikan ibadah haji bisa mengambil inisiatif dan peran penting dalam mengisi kemerdekaan.

 

Terkait

"Alumni haji harus dapat menjadi katalisator dan bagian penting dari pembangunan masyarakat dan bangsa," kata Kiai Zainut saat mewakili menteri agama memberikan sambutan virtual pada pembukaan Muktamar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) ke-VII, Sabtu (21/8).

Baca Juga

Kiai Zainut mengatakan, alumni haji harus terus dijaga kemabruran, semangat, perannya dan menjadi haji sepanjang hayat. Menurutnya, dengan menjadi haji sepanjang hayat, alumni haji akan selalu berperan positif dalam semua aspek kemasyarakatan, pemerintahan, politik, pendidikan, kesehatan, keamanan, dan lainnya.

Wamenag lalu mengulas hasil penelitian UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2012. Riset ini menyimpulkan bahwa jamaah haji memiliki pengaruh besar dalam bidang ekonomi, politik, dan pendidikan pra kemerdekaan. Beberapa di antaranya kemudian menjadi pahlawan, penggerak perjuangan kemerdekaan. Di antaranya adalah KH Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlan, Tuanku Imam Bonjol, A Hasan, H Agus Salim, KH Abdul Wahab Hasbullah, dan HOS Tjokroaminoto.