Ahad 22 Aug 2021 20:35 WIB

Kemenparekraf akan Asistensi RDTR Kabupaten Garut

Kabupaten Garut sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata sejak lama.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kemenparekraf akan Asistensi RDTR Kabupaten Garut (ilustrasi).
Foto: CANDRA YANUARSYAH/ANTARA
Kemenparekraf akan Asistensi RDTR Kabupaten Garut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan ikut berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Garut. Pasalnya, Kabupaten Garut disebut memiliki potensi pariwisata yang besar.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya telah melakukan diskusi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah itu. Apalagi saat ini sedang dilakukan penyelesaian rencana detail tata ruang (RDTR). 

"Kami akan fasilitasi, asistensi. Tujuannya, dengan selesainya jalan tol, garut siap jadi destinasi berkelas dunia, berdaya saing, berkualitas, dan tentunta berkelanjutan," kata dia di Kabupaten Garut, Ahad (22/8).

Ia menyebutkan, Kabupaten Garut sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata sejak lama. Bahkan, aktor legendari asal Inggris, Charlie Chaplin, pernah berkunjung ke Kabupaten Garut untuk berwisata.

"Itu merupakan peluang sekaligus tantangan kita untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan di Kabupaten Garut," kata dia.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, pihaknya ingin Kabupaten Garut memiliki tata ruang yang berbasis perlindungan alam dan pariwisata berbasis alam. Ia meyakini, dengan tata ruang yang baik, akan ada keseimbangan antara alam dan pariwisata.

"Kita yakin, dengan argovulkaniknya, kita harus maju. Bukan hanya wisata, tapi juga ekonomi kreatif yang berbasis digital dan go international," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement