Senin 23 Aug 2021 09:59 WIB

Penyebab Tingginya Prevalensi Kanker Paru di Indonesia

Kanker paru masih menjadi kanker dengan angka kematian tertinggi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi kanker paru. Berdasarkan data GLOBOCAN 2020, kematian karena kanker paru di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 18 persen selama dua tahun terakhir.
Foto: Antara
Ilustrasi kanker paru. Berdasarkan data GLOBOCAN 2020, kematian karena kanker paru di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 18 persen selama dua tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga kini, kanker paru masih menjadi kanker dengan angka kematian tertinggi di antara semua jenis kanker lainnya. Merujuk pada data GLOBOCAN 2020, kematian karena kanker paru di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 18 persen selama dua tahun terakhir, menjadi 30.843 orang dengan kasus baru mencapai 34.783 kasus.

Situasi ini mengindikasikan bahwa di Indonesia terdapat empat orang meninggal akibat kanker paru setiap jam. Angkanya berpotensi untuk meningkat setiap harinya jika kanker paru tidak dijadikan prioritas nasional.

Baca Juga

Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Erlang Samoedro, Sp.P(K) FISR mengatakan, prevalensi kanker paru di Indonesia tinggi karena berkaitan dengan tingginya konsumsi rokok di masyarakat Indonesia. Indonesia merupakan salah satu dari tiga besar konsumsi rokok paling banyak di dunia. Lebih dari 90 juta masyarakat Indonesia sudah terpapar asap rokok.

"Kanker paru bisa disebabkan oleh lingkungan, salah satunya polusi udara di sekitar kita, tapi yang paling tinggi dan berhubungan langsung adalah rokok," papar dr. Erlang, di sela acara Diskusi Publik #LungTalk, dengan tema "'K' yang Terlupakan: Akses Pasien atas Pengobatan Kanker Paru di Masa Pandemi, Ahad (22/8).

Di Rumah Sakit Umum Persahabatan, menurut dr. Erlang, 87 persen pasien kanker paru berhubungan dengan rokok. Ia mengatakan, pengendalian rokok sangat penting untuk menekan angka kejadian kanker paru

Selain itu, selama pandemi, angka pasien berobat atau kemoterapi kanker paru mengalami penurunan karena mereka takut terpapar Covid-19 saat mencari pengobatan. Namun, seiring penurunan kasus Covid-19, kunjungan pasien kanker paru ke rumah sakit juga mulai normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement