Senin 23 Aug 2021 13:33 WIB

Vaksinasi Jelajah Nusantara Sasar 12 Kota

Kali ini yang menjadi sasaran vaksinasi adalah masyarakat di Kota Tangerang.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Tenaga kesehatan mengisi tabung suntik dengan cairan vaksin Covid-19  (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tenaga kesehatan mengisi tabung suntik dengan cairan vaksin Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Perempuan Jenggala kembali menggelar vaksinasi massal sebagai rangkaian program Vaksinasi Jelajah Nusantara di 12 kota di Indonesia. Kali ini yang menjadi sasaran vaksinasi adalah masyarakat di Kota Tangerang.

Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa, mengatakan vaksinasi di Kota Tangerang merupakan lokasi kedua setelah sebelumnya digelar di Kota Cirebon. Vaksinasi dilakukan sebagai bentuk dukungan gerakan perempuan kepada pemerintah dalam mengoptimalkan vaksinasi di seluruh Indonesia. 

Baca Juga

Vaksinasi Jelajah Nusantara dilakukan oleh Perempuan Jenggala bekerjasama dengan Kodam Jaya Jayakarta, Polda Metro Jaya, Pemkot Tangerang dan PT Olam Indonesia. Vaksinasi dilakukan juga untuk memeriahkan 76 tahun Indonesia merdeka. 

"Vaksinasi Perempuan Jenggala 'Jelajah Nusantara' ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah mendorong pembentukan herd immunity sekaligus memperingati HUT RI ke-76. Hal itu dilakukan sebagai upaya menekan angka penyebaran Covid-19 yang masih melanda Indonesia," kata Vicky dalam keterangan pers yang diterima, Senin (23/8). 

Vicky menyebut masih ada 10 kota selain Kota Tangerang, dan Cirebon yang disasar vaksinasi Jelajah Nusantara. Ke-10 kota itu ialah Jogyakarta, Medan, Makassar, Palu, Surabaya, Bandung, DKI Jakarta, Medan, Ambon dan Kolaka. 

"Kegiatan vaksiniasi dilakukan untuk membantu pemerintah melakukan vaksinasi massal di daerah-daerah. Kegiatan vaksiniasi diharapkan dapat memberikan harapan baru untuk Indonesia segera pulih dari pandemi," ujar Vicky.

Vicky menjelaskan, sebanyak 27 ribu masyarakat Indonesia ditargetkan menjadi sasaran vaksin dalam program tersebut. Selain kepada masyarakat dewasa, remaja berumur di atas 12 tahun akan menjadi sasaran dalam program tersebut. 

"Selanjutnya Vaksinasi Jelajah Nusantara akan terus kami galakkan di 10 kota berikutnya. Sebanyak 27 ribu masyarakat umum menjadi terget vaksiniasi termasuk anak usia 12 tahun ke atas," ucap Vicky.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta para pemimpin daerah agar segera mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya. Jokowi juga meminta agar daerah segera menghabiskan stok vaksin yang dimiliki supaya penularan kasus Covid-19 bisa dikendalikan.

"Jangan sampai ada stok vaksin di cold storage Bapak-Ibu semuanya, segera habiskan," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Madiun, Kamis (19/8) kemarin, seperti yang dipantau dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (20/8). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement