Senin 23 Aug 2021 14:29 WIB

Daftar Makanan Ajaib yang Diberikan Allah

Allah memberikan banyak makanan ajaib

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Madu
Foto: www.freepik.com.
Madu

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Allah memberikan banyak kelimpahan kepada hamba-Nya. Salah satunya adalah memberikan banyak makanan ajaib, makanan yang kaya akan nutrisi dan dapat tumbuh di berbagai lingkungan. Allah berfirman dalam surat An-Nahl ayat 69:

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.”

Faktanya, sebagian besar makanan ajaib tumbuh di alam dan membutuhkan penanaman atau panen minimal. Beberapa yang paling mudah tersedia adalah bee pollen, spirulina (ganggang), rumput laut, royal jelly, madu, rumput gandum, biji rami, alfalfa, dan kecambah lainnya.

Makanan ajaib adalah sumber makanan yang tersedia untuk negara-negara yang dilanda kelaparan. Mereka dapat memberikan dorongan nutrisi kepada orang-orang yang berpuasa atau menderita kekurangan gizi dan penyakit kronis. Berikut daftar beberapa makanan ajaib, seperti dilansir About Islam, Senin (23/8):

1. Spirulina (Alga Hijau Biru)

Alga Hijau Biru adalah bentuk spirulina yang unggul. Alga ini bertahan di iklim panas dan bisa menjadi solusi kelaparan dunia. Selain itu, Alga Hijau Biru dapat menghasilkan protein 20 kali lebih banyak daripada kedelai. Ada nutrisi lain yang tak kalah bagus, seperti asam gamma-linoleat, vitamin B-12, zat besi, asam amino esensial, klorofil, RNA, DNA, dan phycocyanin (zat yang telah meningkatkan rentang hidup di tikus percobaan).

Keunggulan alga ini, yaitu mengekang nafsu makan, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu penyerapan mineral. Anda dapat menanamnya di sumber air alami mana pun atau Anda dapat membelinya dalam bentuk kapsul atau bubuk.

2. Kelp

Kelp adalah jenis rumput laut lain yang bisa Anda masak atau makan mentah. Kelp bisa berbentuk cairan, bubuk, atau kering. Kegunaan kelp adalah sebagai pengganti garam untuk menyediakan yodium dan natrium. Selain itu, kelp mengandung banyak mineral dan vitamin dalam konsentrat, terutama vitamin B yang bermanfaat untuk jaringan otak, saraf sensorik, kulit, kuku, dan pembuluh darah.

3. Madu

Terdiri dari 35 persen protein dan mengandung setengah dari semua asam amino yang dibutuhkan tubuh, madu juga memiliki banyak nutrisi penting lain seperti B-kompleks dan vitamin C, D, dan E.

4. Bee-Pollen

Serbuk yang dihasilkan oleh kepala sari bunga dan dikumpulkan oleh lebah ini mengandung 15 persen protein, vitamin B kompleks, vitamin C, asam amino, asam lemak esensial, enzim, karoten, kalsium, tembaga, besi, magnesium , kalium, dan sterol tumbuhan. Semua kandungan tersebut memiliki efek anti-mikroba pada tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Rumput Gandum

Penelitian menunjukkan satu pon rumput gandum mengandung nutrisi dan kandungan vitaminnya yang sama seperti 25 pon sayuran pilihan. Ini adalah makanan yang menyediakan pembangkit tenaga dan membantu dalam penghapusan pertumbuhan kanker. Rumput gandum dapat ditanam dengan mudah di atas nampan dengan sedikit air hanya dalam waktu tiga hari dari penanaman hingga panen.

5. Alfalfa

Selain sebagai makanan ternak, Alfalfa juga memiliki banyak manfaat untuk manusia. Akarnya yang tumbuh hampir sepuluh kaki di bawah tanah adalah salah satu makanan paling padat mineral. Alfalfa mengandung semua vitamin yang dikenal dan sebagian besar mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan klorofil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement