Senin 23 Aug 2021 14:59 WIB

Minimnya Jumlah Profesional Kesehatan Mental Muslim

Banyak profesional kesehatan mental tak punya pengalaman bekerja dengan klien Muslim

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Kesehatan mental (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kesehatan mental (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, MILWAUKEE -- Sejumlah organisasi telah mulai menyediakan layanan kesehatan mental yang dirancang khusus untuk Muslim di Amerika Utara. Program ini dilakukan untuk menentang stigma yang melekat pada masalah kesehatan mental. Dilansir dari About Islam, Ahad (22/8), Muslimah di Milwaukee akan menjadi tuan rumah konferensi kesehatan mental selama hari di  bulan depan menurut lapran Wisconsin Muslim Journal.

Acara ini diselenggarakan oleh Koalisi Wanita Muslim Milwaukee dalam kemitraan dengan Medical College of Wisconsin dan Konsorsium Kesehatan Mental Muslim, dan dukungan dari Departemen Layanan Kesehatan Wisconsin.

Konferensi ini akan berlangsung pada bulan September, antara tanggal 18 dan 19, di Insight Life Learning Institute. Dengan minimnya jumlah profesional kesehatan mental Muslim, acara tersebut didesak untuk mendukung pertumbuhan populasi Muslim di Wisconsin.  Karena banyak profesional kesehatan mental tidak memiliki pengalaman bekerja dengan klien Muslim dan memahami pandangan mereka tentang kesehatan mental, konferensi ini akan membantu mereka memahami pasien Muslim dan stereotip dan asumsi yang tidak disengaja tentang mereka.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gangguan depresi adalah penyebab utama keempat kesehatan yang buruk dan kecacatan di antara orang dewasa di seluruh dunia. Pada tahun 2020, diharapkan gangguan kesehatan mental akan menjadi masalah kesehatan terbesar di dunia

Di seluruh dunia, banyak Muslim enggan mencari profesional kesehatan mental karena stigma yang melekat pada penyakit mental atau karena mereka takut terapis terlatih Barat tidak akan memahami budaya atau agama mereka. Melawan stigma terkait masalah kesehatan mental, sebuah pusat Islam di Raleigh, North Carolina, mulai menawarkan layanan khusus kepada anggotanya pada Januari 2018.

Sebelumnya pada tahun 2016, sekelompok pekerja kesehatan mental Muslim Ottawa dan pendukung komunitas mengadakan konferensi untuk membantu mereka yang menderita secara diam-diam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement