Dewan Haji Ghana Imbau Jamaah Lakukan Vaksinasi Covid-19

Selasa , 24 Aug 2021, 16:10 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Dewan Haji Ghana Imbau Jamaah Lakukan Vaksinasi Covid-19
Dewan Haji Ghana Imbau Jamaah Lakukan Vaksinasi Covid-19

IHRAM.CO.ID, ACCRA -- Dewan Haji Ghana mengimbau semua Muslim dan calon jamaah haji agar melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai persiapan untuk haji tahun depan. Dalam jumpa pers Sabtu (21/8) lalu di Accra, Ketua Dewan Haji Syekh Ibrahim Cudjoe (IC) Quaye juga menghimbau  seluruh umat Islam untuk mengabaikan berita bohong yang menyebutkan vaksin khusus akan disediakan secara eksklusif hanya untuk jamaah haji.

 

Terkait

"Telah menjadi perhatian Dewan Haji bahwa individu tertentu menyebarkan kekeliruan tentang dispensasi khusus bahwa vaksin Covid-19 akan tersedia secara eksklusif untuk Muslim dan jamaah Ghana," kata Sheikh I.C. Quaye, dilansir di Graphic Online, Selasa (24/8).

Baca Juga

"Ini tidak benar dalam bentuk apa pun. Kami (Dewan Haji) ingin semua warga Ghana termasuk Muslim dan Kristen mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menerima vaksin Covid-19 ketika vaksin itu tersedia di kota, desa, dan komunitas mereka," lanjutnya.

Seruan Dewan Haji Ghana ini datang menyusul keputusan pemerintah Arab Saudi pada 8 Agustus 2021 untuk mulai menerima jamaah dari luar negeri yang telah divaksinasi mulai 9 Agustus 2021. Pengumuman itu keluar sekitar 18 bulan setelah Saudi menutup sementara perbatasannya bagi jamaah asing karena pandemi virus corona.

Seperti negara-negara lainnya, jamaah dari Ghana juga belum berkesempatan memulai haji untuk tahun kedua berturut-turut. Syekh I.C. Quaye mengatakan Dewan Haji Ghana sepenuhnya mendukung arahan baru dari pemerintah Saudi karena hal itu dirancang untuk kesejahteraan semua jamaah.

Dia juga memuji pemerintah Ghana atas upaya dan keberhasilannya dalam memperoleh dan mendistribusikan vaksin Covid-19 untuk kepentingan semua warga Ghana. "Dewan Haji, oleh karena itu, tanpa ragu-ragu, sepenuhnya mendukung arahan baru untuk mendapatkan visa untuk melakukan haji dan umroh, seperti yang dikomunikasikan oleh Pemerintah Saudi," katanya.

Quaye menambahkan, kesejahteraan seluruh masyarakat Ghana, dan bahkan dunia, harus menjadi motivasi utama mereka dalam upaya mereka untuk berpartisipasi dalam haji 2022. Dia yakin jamaah haji Ghana akan berpartisipasi dalam haji berikutnya pada 2022.

"Saya salut kepada Presiden dan Wakil Presiden Republik Ghana yang telah mendukung Muslim Ghana, karena saat ini semuanya sangat jelas pada 2022 haji akan diadakan," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini