Oman Luncurkan Program 'Masjid Hijau'

Selasa , 24 Aug 2021, 18:06 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Oman Luncurkan Program 'Masjid Hijau'. Masjid Agung Sultan Qaboos, Muscat, Oman
Oman Luncurkan Program 'Masjid Hijau'. Masjid Agung Sultan Qaboos, Muscat, Oman

IHRAM.CO.ID, MUSCAT -- Program energi terbarukan 'Masjid Hijau' diluncurkan di Oman. Program tersebut diresmikan oleh Perusahaan Pengelola Dana Wakaf Amana, bekerja sama dengan Otoritas Pengaturan Pelayanan Publik (APSR), perusahaan energi dan lembaga keuangan syariah.

 

Terkait

Dilansir di Times of Oman, Selasa (24/8), program ini menyediakan layanan energi untuk masjid melalui proyek khusus untuk mengubah konsumsi listrik masjid menjadi sumber energi terbarukan. Program yang mengurangi konsumsi listrik dan biaya operasional ini sejalan dengan arahan Visi Oman 2040 untuk mencapai sekitar 30 persen kebutuhan energi di Kesultanan dari sumber terbarukan.

Baca Juga

Sejak diluncurkan pada November 2020, tahap uji coba program "Masjid Hijau" telah mencapai hasil yang baik karena sistem teknis dipasang di banyak masjid. Berdasarkan hasil ini, perusahaan memutuskan melanjutkan proyek di 100 masjid melalui tiga paket selama tiga tahun dengan perkiraan investasi sebesar lima juta riyal.

Sebagian dari investasi ini dialokasikan untuk proyek-proyek rasionalisasi teknologi konsumsi dan pembangkitan tenaga listrik dari sumber-sumber terbarukan. Proyek ini dapat dilaksanakan di masjid mana pun melalui kontrak dengan Amana Investments, yang akan memasang panel surya dan mengoperasikannya untuk jangka waktu tertentu.

Dengan program itu diharapkan masjid-masjid akan segera mencapai penghematan tagihan, asalkan memiliki sistem energi surya pada akhir periode investasi yang disepakati. Pada 2019, jumlah masjid di Kesultanan Oman mencapai 16.464.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini