Rabu 25 Aug 2021 16:00 WIB

Watim MUI Rekomendasikan Pembuatan Peta Dakwah

, Dewan Pertimbangan MUI merekomendasikan peta dakwah dibuat kembali.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Wapres KH Maruf Amin, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI.
Foto: Fauziah Mursid / Republika
Wapres KH Maruf Amin, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pertimbangan MUI, KH Ma'ruf Amin, menyampaikan, Dewan Pertimbangan MUI merekomendasikan peta dakwah dibuat kembali. Sebab peta dakwah di suatu wilayah akan berubah-ubah.

Menurutnya, dalam membuat peta dakwah, pendekatannya adalah setiap provinsi. Sehingga strategi dan langkah-langkah yang akan MUI lakukan sesuai dengan provinsi tersebut.

Baca Juga

"Jadi pertama adalah kita melakukan verifikasi lapangan, yang kedua melakukan verifikasi relevansi masalah yang akan kita perbaiki itu, masih relevan apa tidak verifikasi dan relevansinya, sehingga yang kita perbaiki itu terus kita update terus," kata Kiai Ma'ruf saat pembukaan Mukernas MUI ke-1 tahun 2021, Rabu (25/8).

Kiai Maruf mengingatkan, dalam membuat program tidak boleh melakukan copy-paste. Jangan selalu copy-paste dari program yang dulu, masa sudah sekian tahun programnya itu saja

"Program kita tidak boleh copy-paste, tapi (program harus) berdasarkan peta lapangan yang kita hadapi, ini penting," ujarnya.

Menurutnya, dalam Mukernas perlu melakukan telaah ulang. Apakah sebuah program bisa dipakai lagi atau sudah tidak sesuai lagi untuk dipakai. Sehingga programnya terus ditingkatkan sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Mungkin itu langkah-langkah dalam merumuskan sesuatu dalam Mukernas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement