Rabu 25 Aug 2021 16:25 WIB

Dosen Ekonomi Syariah UMP Raih Gelar Doktor

Encep Saipudin raih dokter bidang ilmu perbankan syariah di UIN Syarif Hidayatullah

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
UIN Syarif Hidayatullah
Foto: dokumentasi
UIN Syarif Hidayatullah

IHRAM.CO.ID, PURWOKERTO -- Jumlah staf pengajar yang berkualifikasi doktor di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), semakin bertambah. Hal ini menyusul keberhasilan Encep Saipudin MSi mempertahankan desertasinya dalam ujian terbuka promosi doktor bidang ilmu perbankan syariah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (25/8).

Para dosen UIN yang menguji desertasi Encep, terdiri dari Prof Dr Zulkifli MA sebagai ketua majelis, Dr Rini SE Ak MSi sebagai sekretaris, Prof Dr Fathurrohman Djamil Mag sebagai promotor, dan HM Nadratuzzaman Hosen MEc PhD sebagai Co Promotor. Hadir sebagai penguji, Prof  Dr Muhammad Said, Prof Dr Euis Amalia, Pheni Chalid MA PhD, dan Dr Muniaty Aisyah.  

Dalam desertasinya yang berjudul Integrasi Value Chain Pariwisata Halal Terhadap Pembiayaan Bank Syariah Dalam Ekosistem pariwisata Halal di Lombok, Encep tujuan penelitian antara lain untuk menganalisis pengaruh langsung elemen value chain pariwisata halal terhadap pembiayaan syariah di di Lombok.

 

Dari hasil penelitian tersebut, dia merekomendasikan perlu ada kebijakan umum mengenai pedoman pelaksanaan pariwisata halal. Terutama terkait dengan pembiayaan yang berasal dari perbankan syariah. ''Kebijakan ini menyangkut masalah sertifikasi halal bagi pelaku pariwisata halal, serta keharusan pendanaan berasal dari bank syariah,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement