Rabu 25 Aug 2021 19:19 WIB

Atletico Madrid Dapatkan Striker Anyar dari Brasil

Atletico mendatangkan Matheus Cunha, penyerang muda Brasil dari klub Hertha Berlin.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang baru Atletico Madrid Matheus Cunha (kiri) asal Hertha Berlin.
Foto: EPA-EFE/CLEMENS BILAN
Penyerang baru Atletico Madrid Matheus Cunha (kiri) asal Hertha Berlin.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Atletico Madrid telah mengumumkan secara resmi perekrutan penyerang asal Brasil, Matheus Cunha, dari Hertha Berlin. Atletico dilaporkan mengeluarkan uang transfer 26 juta euro (Rp 440 miliar). Striker berusia 22 tahun itu diikat dengan durasi kontrak selama lima tahun. 

"Atletico Madrid mengumumkan tercapainya kesepakatan dengan Hertha Berlin terkait transfer Matheus Cunha. Pemain asal Brasil itu telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun," tulis pernyataan Atletico Madrid laman resmi klub, Rabu (25/8). 

Baca Juga

Selain uang transfer, Hertha Berlin juga kabarnya akan mendapatkan 10 persen dari nilai transfer penjualan Cunha pada masa mendatang. 

Cunha bisa ditempatkan sebagai gelandang serang ataupun winger, walaupun posisi aslinya sebagai penyerang tengah. Kehadiran Cunha ini seolah menjawab keinginan pelatih Diego Simeone yang berharap adanya tambahan pemain baru di lini serang Los Rojiblancos. 

Secara khusus, pelatih asal Argentina itu memang tidak punya banyak pilihan pemain di lini depan Los Rojiblancos. Selain Ivan Saponjic, yang lebih sering melakoni masa peminjaman di klub lain, Atletico Madrid hanya memiliki Luis Suarez sebagai ujung tombak. 

Sebelumnya, Atletico Madrid sempat disebut-sebut tinggal selangkah lagi mendapatkan penyerang Wolverhampton Wanderers Rafa Mir. Namun, Wolves malah lebih memilih melepas penyerang timnas Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020 ke Sevilla. 

Atletico akhirnya mengalihkan bidikannya ke Cunha, yang mengemas 28 laga dan menyumbang 8 gol dan tujuh asisst pada musim lalu. 

Sebenarnya, Atletico Madrid juga mengincar striker Everton, Moise Kean. Namun, Cunha menjadi prioritas utama klub asal ibu kota Spanyol itu untuk menambah opsi pemain di lini serang. 

Mengawali karier di Eropa pada 2017 saat bergabung bersama FC Sion, Cunha hijrah ke RB Leipzig usai mengemas 10 gol dan delapan asisst. Dua tahun mengenakan seragam Leipzig, Cunha menarik minat Hertha Berlin yang meminangnya pada awal musim 2019/2020. 

Selama dua musim membela Hertha Berlin, Cunha mengemas 13 gol dan 10 assist dari 40 laga. Penampilan impresif Cunha pada musim lalu mengantarkanya memperkuat Brasil U-23 di gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Pada pesta olahraga paling bergengsi sejagat itu, Cunha sukses mempersembahkan medali emas usai mengalahkan Spanyol, 2-1. Di partai perebutan medali emas cabang sepak bola tersebut, Cunha mencetak gol pembuka kemenangan Brasil. Total, Cunha berhasil mengemas tiga gol dan satu assist dari lima penampilan di Tokyo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement