Jumat 27 Aug 2021 05:36 WIB

Wiku: Selama Covid-19 Berevolusi, Kita Juga Harus Berevolusi

Tindakan pencegahan seperti memakai masker dan menjaga jarak harus terus dilakukan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Fakhruddin
Juru Bicara Pemerintah untuk  Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk terus beradaptasi menjalankan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitasnya. Upaya ini harus terus dilakukan selama virus corona masih terus berevolusi sehingga dapat mencegah terjadinya penularan maupun infeksi yang parah.

“Satu pesan penting yang ingin saya sampaikan sebagai bagian dari edukasi untuk masyarakat adalah selama virus ini masih berevolusi, kita juga harus ikut berevolusi,” kata Wiku saat konferensi pers.

Wiku menegaskan, tindakan pencegahan penularan seperti memakai masker dan menjaga jarak harus terus dilanjutkan. Sedangkan pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan capaian target vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat agar dapat segera tercapai kekebalan komunal atau herd immunity.

Karena itu, ia pun meminta agar seluruh elemen masyarakat mau bekerja sama dan bertanggung jawab dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Bentuk tanggung jawab tersebut tercermin dalam komitmen masyarakat menjalankan protokol kesehatan di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam rumah, dalam perjalanan, atau dalam beraktivitas di luar rumah,” lanjutnya.

Baca juga : Punya Kartu Anggota Gereja, Polisi: Murni Perilaku M Kece

Wiku mengatakan, lonjakan infeksi kasus Covid-19 secara berkala akan terjadi selama virus ini masih terus beredar dan bermutasi secara global.

“Tetapi jika virus ini berperilaku seperti virus serupa lainnya, lonjakan ini akan mengecil seiring dengan waktu, karena sebagian besar populasi akan memiliki kekebalan, baik melalui vaksinasi ataupun infeksi sebelumnya dan setiap kali ada gelombang baru,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement