Jumat 27 Aug 2021 07:17 WIB

Orang Berilmu Terhindar dari Laknat

Orang-orang yang berilmu dan yang mencari ilmu terselamatkan dunianya dan akhiratnya

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Ilmuwan
Foto: Mgrol120
Ilustrasi Ilmuwan

IHRAM.CO.ID, Orang-orang yang berilmu dan yang mau bersusah payah mencari ilmu senantiasa mendapatkan perlindungan Allah SWT. Ketika manusia terkena laknat sebab ulah keburukannya di dunia semisal kara mengumbar nafsu dunia, bermusuh-musuhan, iri dan dengki serta lainnya, maka orang-orang yang berilmu dan yang mencari ilmu justru masuk dalam golongan orang-orang yang terselamatkan.

Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Tirmidzi.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلدُّنْيَامَلْعُوْنَةٌ مَلْعُوْنٌ مَافِيْهَااِلَّا ذِكْرَاللَّهِ وَمَاوَالَا هُ وَعَالِمًاوَمُتَعَلِّمًا.

Nabi Muhammad SAW bersabda: Dunia itu dilaknati, dan segala sesuatu yang ada di dalamnya dilaknati. Kecuali zikir kepada Allah dan segala sesuatu yang menyokoh terjadinya zikir, dan orang yang punya ilmu serta orang yang mau belajar.

 

Karenanya orang-orang yang berilmu dan yang mencari ilmu terselamatkan dunianya dan akhiratnya. Ia dapat mengetahui hal-hal yang dibolehkan dan dilarang oleh syariat. Sehingga ia dapat terhindar dari segala sesuatu yang membuatnya terjerumus dalam kehinaan.

Sebab itu pula adanya orang berilmu dan taat kepada Allah yang tinggal tengah suatu kaum maka akan menyelamatkan kaum tersebut dari kebodohan, kesusahan, dan keburukan dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement