6 Amalan Penghapus Dosa yang Bisa Dilakukan Sehari-Hari

Jumat , 27 Aug 2021, 15:26 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Agung Sasongko
ilustrasi merenungi waktu dan dosa
ilustrasi merenungi waktu dan dosa

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Ada beberapa amalan yang diisyaratkan Allah dan Rasul-Nya yang dapat menghapus dosa Muslim. Berikut beberapa amalan yang dijelaskan dalam buku Ensiklopedi Wanita Muslimah oleh Haya binti Mubarok al-Barik:

 

Terkait

1.Berjabat tangan

Baca Juga

Salah satu hadits Rasulullah menganjurkan untuk saling berjabat tangan. Rasulullah bersabda, “Tidaklah dua orang Muslim bertemu lalu bersalaman melainkan dosa keduanya diampuni sebelum keduanya berpisah,” (HR Abu Daud).

2.Menjauhi dosa-dosa besar

Baik menjauhi dosa kecil atau dosa besar termasuk dalam amalan yang dapat menghapus dosa. Allah berfirman dalam surat An-Nisa’ ayat 31:

 

اِنْ تَجْتَنِبُوْا كَبَاۤىِٕرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَنُدْخِلْكُمْ مُّدْخَلًا كَرِيْمًا

 

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).”

 

3.Sabar saat ditimpa musibah

Bersikap sabar banyak memiliki manfaat, salah satunya bisa menghapus dosa seseorang. Terlebih, bersabar saat terkena cobaan yang tak henti dari Allah.

Rasulullah bersabda, “Manusia yang paling besar ujiannya adalah para nabi kemudian orang yang ditingkat sesudahnya lalu orang yang di bawahnya lagi. Seorang lelaki diuji sesuai dengan kadar kemampuan beragamanya (imannya). Jika dia teguh memegang agamanya, ujiannya lebih berat dan jika lemah dalam beragama, maka ia dicoba sesuai dengan kemampuannya. Seorang hamba terus-menerus diberi cobaan sehingga ia berjalan di muka bumi dalam keadaan tak punya dosa dan kesalahan,” (HR At-Tirmidzi).