Jumat 27 Aug 2021 16:54 WIB

UAS: Covid-19 Jangan Sampai Hilangkan Akal Sehat

UAS mengajak umat untuk tetap menguatkan iman hadapi pandemi Covid-19

Rep: Febrian Fachri   / Red: Nashih Nashrullah
Ustaz Abdul Somad mengajak umat untuk tetap menguatkan iman hadapi pandemi Covid-19
Foto: Humas Unhas
Ustaz Abdul Somad mengajak umat untuk tetap menguatkan iman hadapi pandemi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Ulama kondang Uztadz Abdul Somad, mengatakan bencana kemanusiaan akibat Covid-19 yang terjadi selama lebih kurang satu setengah tahun ini telah membuat perubahan dalam berbagai sendi kehidupan umat. 

UAS berharap wabah Covid-19 ini tidak menurunkan keimanan dan juga akal sehat dalam mengambil tindakan.

Baca Juga

"Kondisi wabah Covid-19 yang sampai hari ini belum juga mereda, kita berharap umat Islam mengambil hikmahnya dan jangan sampai membuat  kehilangan kendali akal sehat," kata UAS, di Padang, Kamis (27/8).

Alumnus Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir itu mengatakan semua yang terjadi di dunia ini atas rencana dan ketentuan Allah SWT, Sang Mahakuasa. Karenanya menurut UAS umat Islam harus bijak dan senantiasa mengedepankan prasangka baik (husnudzan).

"Marilah kita ambil hikmah dari musibah covid-19 ini. Semua yang terjadi di dunia ini pasti ada hikmahnya," ujar UAS.

Ustadz Somad menjelaskan  segala yang diciptakan Allah SWT tidak bernilai sia-sia. Bahkan selalu ada hikmah dari setiap bencana. Tinggal sekuat apa manusia bisa menggali hikmah yang terpendam di balik bencana tersebut.

Dia mencontohkan salah satu hikmah dia berceramah di salah satu mushala di Kota Padang kemarin. 

"Seperti kali ini. Saya sebelumnya sempat bertanya-tanya dalam hati kenapa saya diundang berceramah ke mushala ini dan apa pula dasar pemilihannya.  Ternyata dari informasinya rupanya kawasan komplek di sekeliling mushala ini sebelumnya sempat dihantam musibah banjir besar. Jadi menurut saya ini salah satu hikmahnya dan hadiah dari Allah SWT," kata UAS.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement