Jumat 27 Aug 2021 17:46 WIB

Cara Arab Saudi Atasi Pemanasan Global (2-Habis)

Cara Arab Saudi Atasi Pemanasan Global (2-Habis)

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Cara Arab Saudi Atasi Pemanasan Global (2-Habis). Foto:  Bendera Arab Saudi
Foto: AP/Amr Nabil
Cara Arab Saudi Atasi Pemanasan Global (2-Habis). Foto: Bendera Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Awal tahun lalu, analisis oleh King Abdullah Petroleum Studies and Research Center menunjukkan bahwa Arab Saudi telah menjadi pengurang emisi tercepat ketiga dari konsumsi bahan bakar di antara negara-negara G20.

Ditemukan bahwa emisi CO2 di Kerajaan telah turun 26 juta ton, turun sekitar 4,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan jika masyarakat menjauh dari bahan bakar fosil, tidak ada jaminan suhu akan tetap cukup stabil untuk mendinginkan planet ini. Pemerintah juga harus berinvestasi dalam restorasi untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan pada lingkungan selama beberapa dekade.

Baca Juga

Suhu musim panas yang memecahkan rekor tahun ini, banjir bandang di seluruh China, Eropa Tengah dan AS, dan kebakaran hutan serentak di hampir setiap benua, telah disebut-sebut sebagai manifestasi destruktif terbaru dari percepatan perubahan iklim. Pembakaran bahan bakar fosil, pembukaan hutan untuk pertanian dan industri, dan perusakan ekosistem laut yang rentan oleh polutan kimia telah dengan cepat meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Setelah Revolusi Industri pertama dimulai pada 1750-an, jumlah karbon dioksida di atmosfer secara bertahap meningkat menjadi sekitar 5 miliar ton per tahun pada pertengahan abad ke-20, sebelum meroket menjadi lebih dari 35 miliar ton pada akhir abad ini. 

“Pendekatan menyeluruh diperlukan untuk memenuhi tujuan iklim bersama kita,” kata Carlos Duarte, seorang profesor ilmu kelautan di KAUST dan seorang ahli biologi kelautan yang terkenal secara internasional.

“Ini membutuhkan kolaborasi global dan mengaktifkan semua opsi, bahkan yang saat ini tampaknya tidak memiliki skala yang memadai. Begitu kita mencapai tujuan ini, dunia perlu merangkul program restorasi atmosfer, karena menahan tingkat CO2 di ambang batas dapat menyebabkan kejutan yang tidak menyenangkan dan bencana jika peristiwa, baik alami atau antropogenik tetapi tidak diantisipasi, menyebabkan pelepasan gas rumah kaca ke atmosfer,” ujarnya menjelaskan. 

Sementara itu, Arab Saudi telah memelopori kerangka Circular Carbon Economy (CCE) sebagai cara untuk mengatasi tantangan perubahan iklim. Pendekatan ini didukung dengan suara bulat tahun lalu di KTT G20 para pemimpin dunia di bawah kepresidenan Saudi. CCE menganjurkan pengurangan, daur ulang, dan penggunaan kembali emisi karbon di seluruh proses industri, yang merupakan tujuan yang sekarang dikenal dan diterima di seluruh dunia sebagai cara untuk mengurangi emisi berbahaya.

Kerajaan juga memimpin di GCC dengan Inisiatif Hijau Saudi dan Inisiatif Hijau Timur Tengah, yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon hingga 60 persen dengan bantuan teknologi hidrokarbon bersih dan dengan menanam 50 miliar pohon, termasuk 10 miliar di Kerajaan. “Proyek penghijauan memang dapat berkontribusi untuk menghilangkan CO2, meningkatkan keanekaragaman hayati dan menghindari degradasi lahan,” kata Duarte.

“Mereka perlu direncanakan, dipantau, dan dilindungi dengan sangat hati-hati. Mencapai tujuan penghijauan yang sangat ambisius di bawah inisiatif Saudi Green memang akan sangat menantang, tetapi akan menghasilkan manfaat besar bagi Kerajaan dan planet ini.”

Langkah-langkah positif ini baru-baru ini diakui oleh John Kerry, utusan iklim AS, yang juga memuji rencana Riyadh untuk menginvestasikan $5 miliar di pabrik hidrogen hijau terbesar di dunia di NEOM – kota pintar yang sedang dibangun di pantai Laut Merah. Sebagai bagian dari kerangka kerja aksi lokal terhadap perubahan iklim, NEOM sedang menjajaki beberapa inisiatif potensial untuk memerangi kenaikan suhu serta memulihkan ekosistem, termasuk satu penemuan laut penting yang dapat bermanfaat bagi habitat pesisir lainnya. Para peneliti mengklaim bahwa banyak spesies karang yang ditemukan di lepas pantai Laut Merah NEOM tampaknya telah dikondisikan sebelumnya untuk bertahan hidup di suhu permukaan laut yang lebih tinggi.

“Ketahanan alami ini memberikan kesempatan bagi NEOM untuk menumbuhkan karang yang dapat digunakan untuk kegiatan restorasi terumbu dan merencanakan taman karang terbesar di dunia dari karang yang tumbuh di pembibitan,” kata Damien Trinder, Pejabat Kepala Lingkungan di NEOM, menambahkan bahwa program ini juga dapat membantu mengimbangi dampak perubahan iklim yang telah dilaporkan di bagian lain dunia dengan menyediakan strain karang tangguh untuk ekspor secara global.

Inovasi lain yang diperjuangkan oleh NEOM adalah rencana untuk meningkatkan penggunaan tanaman asli lokal dan regional di taman dan ruang publik. “Spesies ini secara alami beradaptasi dengan kondisi panas dan kering, menggunakan lebih sedikit air daripada spesies non-asli dan menyediakan habitat tambahan untuk burung, serangga, dan fauna lainnya,” kata Trinder.

“Pilihan kami hari ini dapat membuat perbedaan positif yang nyata. Dengan cara yang sama, kita dapat membuat pilihan, seperti memastikan kita meminimalkan penggunaan listrik di kantor dan rumah dan memilih produk lokal daripada impor, yang dapat membantu baik iklim maupun ekonomi lokal.”

Sumber

https://www.arabnews.com/node/1916601/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement