Sabtu 28 Aug 2021 09:17 WIB

Capai Usia 85 Lebih tanpa Penyakit, Kayak Apa Pola Makannya?

Warga Kanada yang tetap sehat hingga usia 85 tahun punya kesamaan pola makan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Panti wreda di Toronto, Kanada. Studi Canadian Healthy Aging mengungkap kaitan antara pilihan terkait kesehatan dan penuaan.
Foto: EPA
Panti wreda di Toronto, Kanada. Studi Canadian Healthy Aging mengungkap kaitan antara pilihan terkait kesehatan dan penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alasan beberapa orang hidup lebih lama dari yang lain bisa tampak seperti misteri sejati. Sejumlah orang ada yang dapat hidup sampai 85 tahun ke atas, sedikit di antaranya tak punya penyakit kronis.

Bagaimana cara hidup sehat sampai tua bangka? Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Geriatrics berusaha memahami hubungan antara faktor-faktor yang dapat dimodifikasi, seperti pola makan, dan penuaan yang sehat.

Baca Juga

Menurut para peneliti, cuma ada sedikit studi tentang pola makan di antara lansia yang sehat, terutama pada populasi Amerika Utara. Penelitian mereka pun bertujuan menyusun karakterisasi pola makan di antara "super-senior" alias tua bangka dalam Canadian Healthy Aging Study yang mengeksplorasi hubungan antara pilihan terkait kesehatan dan penuaan.

Peneliti merekrut responden yang terdiri dari 22 orang tua bangka berusia 85 tahun atau lebih yang tak punya kanker, penyakit kardiovaskular atau paru-paru, demensia, maupun diabetes. Perbandingan dilakukan terhadap 12.626 peserta berusia 65-86 tahun dalam Canadian Longitudinal Study of Aging.

Kedua kelompok mengisi kuesioner frekuensi makanan 36 item yang sama tentang konsumsi nutrisi dan makanan selama 12 bulan sebelumnya yang dianggap penting terhadap penuaan. Studi Longitudinal Kanada tentang Penuaan adalah studi besar, nasional, dan jangka panjang yang berfokus pada banyak faktor yang dapat memengaruhi penuaan.

Lalu, dua pola makan diidentifikasi. Pertama, pola makan ala barat yang ditandai dengan kentang goreng, daging merah, daging olahan. Kedua, pola makan kaya nutrisi yang meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian di antara pilihan makanan sehat lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement