Ahad 29 Aug 2021 15:16 WIB

Negara yang Cocok Jadi Tempat Melepas Penat, Ada Indonesia

Laman lastminute.com menilai setiap negara berdasarkan empat kategori.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Berdasarkan ulasan laman lastminute.com, Indonesia masuk dalam daftar negara yang cocok dijadikan tempat melepas penat (ilustrasi).
Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF
Berdasarkan ulasan laman lastminute.com, Indonesia masuk dalam daftar negara yang cocok dijadikan tempat melepas penat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada negara tertentu yang disebut memiliki level stres tinggi untuk ditinggali. Sebaliknya, sejumlah negara lain punya banyak ruang hijau dan wilayah untuk menyatu dengan alam, cocok untuk tempat melepas lelah.

Ulasan di laman lastminute.com membahas 15 negara yang dianggap paling menenangkan di dunia. Menariknya, Indonesia masuk dalam daftar tersebut, bahkan ada di puncak peringkat.

Deretan negara itu antara lain Indonesia, Australia, Islandia, Selandia Baru, Sri Lanka, Siprus, Filipina, Yunani, dan India. Disusul Mauritius, Kosta Rika, Portugal, Bulgaria, Kroasia, dan Spanyol.

Data dikumpulkan per 6 Desember 2018 dari sumber yang tersedia secara publik. Situs-situs tersebut antara lain socialprogressindex.com, chartsbin.com, numbeo.com, tripadvisor.co.uk, en.wikipedia.org, dan unsplash.com.

Setiap negara dinilai berdasarkan empat kategori, yakni lokasi istirahat, kondisi lingkungan, budaya, dan perlindungan hak asasi manusia (HAM). Masing-masing memiliki skor beragam untuk tiap poin.

Indonesia, misalnya, ada di urutan ke-13 untuk kategori lokasi istirahat. Akan tetapi, negara kita ada di urutan pertama untuk kondisi lingkungan, keenam untuk kategori budaya, dan posisi ke-14 di kategori HAM.

Sebagai perbandingan, Australia menempati posisi ke-10 untuk lokasi istirahat dan tempat ketiga untuk kondisi lingkungan. Dalam aspek budaya, negara itu ada di posisi ke-12 dan tempat keempat untuk urusan HAM.

Survei pun mengungkap bahwa praktik relaksasi di berbagai budaya sangat berlainan. Warga India meminimalisasi stres lewat yoga dan meditasi, sedangkan masyarakat Prancis bisa santai dengan minum anggur.

Contoh lain adalah praktik pijat khas Thailand, sauna di Finlandia, atau berendam di kolam air panas di Jepang. Bagi warga Yunani dan Spanyol, caranya dengan mesimeri atau siesta, yakni tidur siang singkat usai makan siang.

Indonesia dikenal dengan pantai dan lautannya yang banyak diserbu pelancong untuk menghabiskan waktu supaya rileks dan pikiran kembali segar. Serupa pula dengan Filipina yang diincar untuk beragam wisata alam.

Sementara, wisatawan yang bertandang ke Thailand biasanya menyambangi resor spa. Kuba dikenal karena deretan museumnya, sementara Islandia jadi lokasi pas untuk mengamati bintang dan menyimak pemandangan langit malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement