Senin 30 Aug 2021 08:40 WIB

Antisipasi Dampak Tsunami, KKP Tanam 6.000 Bibit Cemara Laut

Penanaman vegetasi pantai diharapkan dapat memperkuat ketangguhan di wilayah pesisir.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ferry kisihandi
Pohon cemara laut
Foto: kkp.go.id
Pohon cemara laut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) menanam 6.000 bibit vegetasi pantai jenis cemara laut di lahan seluas 9,6 hektare di wilayah pesisir pantai Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

"Program ini bertujuan membantu masyarakat pesisir apabila terjadi bencana tsunami," ujar Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Pamuji Lestari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (29/8).

Tari menjelaskan, permasalahan bencanan khususnya di wilayah pesisir menjadi perhatian pemerintah, karenanya penanaman vegetasi pantai diharapkan dapat memperkuat ketangguhan di wilayah pesisir.  Kata Tari, vegetasi pantai yang ditanam oleh KKP berfungsi sebagai buffer untuk mengurangi energi dan dampak tsunami terhadap infrastruktur pantai. 

"Selain itu, vegetasi pantai juga bermanfaat dalam membangkitkan ekonomi masyarakat melalui mata pencaharian alternatif yang muncul dari adanya kawasan hutan pantai," ungkap Tari.

Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Muhammad Yusuf mengatakan, Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah yang rawan gempa bumi dan tsunami. Berdasarkan riwayat bencana yang terjadi pada 2006, 2009 dan 2017 telah terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 6,8-7,3. Menurutnya, program bantuan penanaman vegetasi pantai yang dilakukan di Kabupaten Tasikmalaya merupakan gerakan nyata dalam upaya mencegah kerusakan yang besar dampak bencana, terutama tsunami. 

"Tahun ini KKP telah melakukan penanaman vegetasi pantai jenis cemara laut. Cemara laut dipilih dengan pertimbangan tumbuhan tersebut mendominasi di lokasi target penanaman," ujar Yusuf.

Yusuf menyampaikan sebanyak 6.000 bibit cemara laut ditanam pada area seluas 9,6 hektare yang terbagi di empat lokasi pesisir Kabupaten Tasikmalaya, yaitu Desa Ciheras, Desa Mandala Jaya, Desa Cidadap dan Desa Cimanuk.

Menurut Yusuf, demi menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan telah ditetapkan empat kelompok penerima bantuan kegiatan penanaman vegetasi pantai yang akan memelihara, memanfaatkan dan mengelola bantuan. "Kelompok-kelompok penerima bantuan tersebut sebelumnya telah dilakukan verifikasi oleh Tim KKP," ungkap Yusuf.

Kata Yusuf, kelompok tersebut juga telah terdaftar dalam kartu Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) serta telah menyanggupi untuk menjaga bantuan yang diberikan. Adapun kelompok tersebut yaitu Pommaswas Nusa Manuk, Mandalajaya;  Ciheras, dan Cidadap.

KKP juga telah melakukan hal serupa yang dilakukan di Kota Palu pada tahun lalu. Yusuf menyampaikan program penanaman vegetasi pantai ini dilakukan sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang menekankan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan kesejahteraan masyarakat pesisir, salah satunya melalui berbagai upaya-upaya pengurangan risiko bencana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement