Senin 30 Aug 2021 22:39 WIB

Pembangunan Tol Akses BIJB Kertajati Capai 95 Persen

Pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati diharapkan selesai pada akhir September

Rep: lilis sri handayani/ Red: Hiru Muhammad
ASTRA Tol Cipali terus menggenjot pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati yang menghubungkan langsung Tol Cipali menuju BIJB Kertajati. Jalan tol akses itu ditargetkan beroperasi pada November 2021
Foto: Humas Astra Tol Cipali
ASTRA Tol Cipali terus menggenjot pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati yang menghubungkan langsung Tol Cipali menuju BIJB Kertajati. Jalan tol akses itu ditargetkan beroperasi pada November 2021

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA--Pembangunan jalan tol Akses BIJB Kertajati yang menghubungkan langsung Tol Cipali menuju BIJB Kertajati, terus dikebut. Saat ini, pembangunan sudah menyelesaikan tahap pekerjaan rigid pavement pada Phase1.

‘’Saat ini progress pembangunan Akses BIJB Kertajati sudah mencapai lebih dari 95 persen,’’ ujar Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo, dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/8).

Dengan capaian tersebut, Agung berharap agar penyelesain pekerjaan pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati dapat selesai pada akhir September 2021. Setelah selesai, maka selanjutnya akan dilakukan proses uji layak operasi oleh Kementerian PUPR, dalam hal ini Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) beserta instansi terkait.

‘’Diharapkan jalan tol akses ini dapat dioperasikan pada awal November 2021. Ini merupakan salah satu peningkatan layanan konektifitas yang kami lakukan kepada pengguna jalan,’’ tukas Agung.

Dengan keberadaan jalan tol akses itu, maka akan semakin mempermudah konektivitas dan logistik khusunya dalam menunjang proyek Segitiga Rebana yang diinisiasi oleh Pemprov Jawa Barat. Pembangunan tol akses dengan total panjang jalan sekitar 3,7 km dan lebar lajur 3,6 meter serta memiliki empat lajur untuk dua arah itupun menjadi kontribusi sekaligus kebanggaan tersendiri bagi ASTRA Tol Cipali.

Agung menambahkan, pembangunan Akses BIJB saat ini sudah merampungkan pekerjaan rigid pavement pada phase 1 dan untuk phase 2 segera diselesaikan dalam minggu ini. Selanjutnya pekerjaan fokus pada pemasangan fasilitas jalan seperti rambu, lampu penerangan jalan dan juga area simpang susun jalan tol akses yang mengusung icon dengan kearifan lokal daerah Jawa Barat.

‘’Pekerjaan pada rigid pavement pada phase 1 sudah rampung sejak minggu lalu, diharapkan di akhir Agustus ini phase 2 segera dirampungkan dan dilanjutkan dengan pekerjaan pemasangan marka jalan, rambu-rambu dan lampu penerangan jalan,’’ kata Agung.

Melalui peningkatan layanan konstruksi yang dilakukan di wilayah Kertajati, ASTRA Tol Cipali berharap tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan, namun juga dapat menjadi penghubung dan membuka potensi ekonomi di wilayah Kertajati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement