Selasa 31 Aug 2021 11:40 WIB

Makanan Ini Bisa Rusak Tubuh Usia di Atas 60

Kecambah mungkin tampak sehat, tapi ini bukan pilihan tepat bagi lansia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Enam makanan yang bisa merusak tubuh orang berusia di atas 60 tahun (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Enam makanan yang bisa merusak tubuh orang berusia di atas 60 tahun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat memasuki lanjut usia (lansia), orang berharap dapat tetap sehat dan bugar. Beberapa upaya yang bisa dipilih, untuk menjaga kesehatan, seperti dari segi latihan olahraga, menjaga tidur maupun asupan makanan. 

Sayangnya, banyak orang berusia di atas 60 tahun masih memilih makanan yang justru berpotensi menyebabkan kerusakan serius bagi tubuh dalam jangka panjang. Berikut beberapa makanan yang tidak direkomendasikan ahli diet, dilansir Eat This Not That, Selasa (31/8):

1. Kecambah

Kecambah mungkin tampak sehat, tapi itu justru bukan pilihan yang tepat untuk usia di atas 60 tahun. "Taoge bisa menumbuhkan salmonella dan E.coli, yang bisa membuat Anda sakit," kata Melissa Mitri, MS, RD, dari Wellness Verge. 

Sistem kekebalan melemah seiring bertambahnya usia sehingga mengonsumsi kecambah dapat membuat lansia berisiko terkena penyakit bawaan makanan.

2. Daging olahan

Daging olahan dapat menciptakan lingkungan yang sempurna untuk peradangan di tubuh lansia. Sebab makanan yang dapat meningkatkan peradangan, termasuk daging olahan, menurut Kepala Nutrisi Tim Vivo Care Jamie Rincker, MS, RD. "Penuaan adalah proses peradangan dan pilihan makanan utuh dari biji-bijian, buah, sayuran, dan daging segar akan lebih bermanfaat bagi tubuh dalam jangka panjang,” kata dia.

Jika memang memilih untuk memanjakan diri, Rincker menyarankan untuk membatasi makanan ini pada makanan mingguan atau bulanan. Lansia masih bisa menikmati hot dog sesekali, tetapi perhatikan seberapa sering mengonsumsinya.

3. Kue kering

Meskipun telah banyak diketahui bahwa kue kering bukanlah makanan sehat, para ahli mengatakan bahwa itu juga dapat membahayakan kesehatan bagi usia di 60 tahun.

Kue kering tinggi kalori, lemak, dan gula. Memulai hari dengan donat, kue kering, atau makanan manis lainnya dapat menjadi salah satu hal terburuk untuk dimakan karena terkait dengan kelebihan berat badan dan obesitas. "Makanan bisa memberikan sedikit rasa kenyang, dan meningkaykan selera serta keinginan akan karbohidrat dan permen sepanjang hari," kata Julie Upton, MS, RD, salah satu pendiri Appetite for Health.

4. Soda

Soda bukanlah pilihan yang bagus untuk kesehatan pada usia berapa pun, tetapi sangat penting menghindarinya terutama setelah 60 tahun.

"Soda adalah pilihan yang buruk setelah usia 60 karena terkait dengan kelebihan berat badan dan obesitas dan sindrom metabolik, yang dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung," kata Upton.

5. Makanan yang digoreng

Jika Anda merasa lebih sulit untuk mempertahankan berat badan Anda di atas 60, memotong makanan yang digoreng dari rencana makan Anda mungkin merupakan pilihan yang bijaksana. "Makanan yang digoreng dalam bentuk apa pun adalah pilihan yang buruk saat Anda berusia di atas 60 tahun," kata Upton. 

"Mereka dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung dan sangat tinggi kalori sehingga sulit untuk mematuhi anggaran kalori harian Anda," ujarnya.

6. Permen

Jika hendak meningkatkan kesehatan setelah usia 60, maka penting mempertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan makan permen.

Gula tradisional tidak mengandung manfaat nutrisi dan malah dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, serta resistensi insulin, kunci dalam mengembangkan diabetes tipe 2. 

“Diet tinggi gula juga dapat menyebabkan gangguan mood dan meningkatkan risiko demensia, tekanan darah tinggi, penyakit hati, dan jenis kanker tertentu," jelas Megan Roosevelt, RDN, pendiri HealthyGroceryGirl.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement