Rabu 01 Sep 2021 21:47 WIB

Suzuki Peduli Donasikan 70 Unit Oksigen Concentrator

Oksigen concentrator sendiri merupakan alat pembuat oksigen portable

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Hiru Muhammad
Konsentrator oksigen merupakan salah satu perangkat medis yang diperlukan dalam penanganan covid-19. Oleh karena itu, perangkat ini jadi salah satu alat yang sangat diperlukan selama pandemi.
Foto: istimewa
Konsentrator oksigen merupakan salah satu perangkat medis yang diperlukan dalam penanganan covid-19. Oleh karena itu, perangkat ini jadi salah satu alat yang sangat diperlukan selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Oksigen Consentrator merupakan salah satu perangkat medis yang diperlukan dalam penanganan Covid-19. Oleh karena itu, perangkat ini jadi salah satu alat yang sangat diperlukan selama pandemi.

Hal ini pun mendorong Suzuki untuk melakukan aksi donasi konsentrator oksigen. Managing Director Suzuki Indonesia, Shodiq Wicaksono mengatakan, aksi ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) Suzuki yang diwujudkan melalui program Suzuki Peduli.

"Kegiatan ini adalah upaya dan komitmen Suzuki untuk membantu pemerintah dan masyarakat. Penanganan pandemi Covid-19 adalah tugas kita bersama. Untuk itu, kami berinisiatif memberikan bantuan 70 unit oksigen concentrator kepada pemerintah sebagai penunjang salah satu kebutuhan medis yang cukup penting bagi pemulihan kesehatan pasienat,” kata Shodiq dalam keterangan pers,  Ahad (29/8).

Oksigen Concentrator yang didonasikan Suzuki kepada pemerintah terdiri dari oxygen concentrator berkapasitas 5 liter dan oksigen concentrator berkapasitas 10 liter yang sebagian besar diimpor dari Jepang untuk penyediaan yang lebih cepat. Agar mesin dapat digunakan dengan baik di seluruh daerah Indonesia maka mesin tersebut dilengkapi dengan voltage converter sehingga oksigen concentrator dapat bekerja optimal

Seluruh donasi yang bernilai lebih dari Rp 2 miliar tersebut merupakan sumbangan dari Suzuki Indonesia dan Suzuki Motor Corporation (SMC) yang merupakan induk usaha Suzuki di seluruh dunia. Agar dapat digunakan dengan optimal, mala donasi itu disalurkan lewat Kementerian Perindustrian.

Dengan adanya donasi ini, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, pun menyampaikan apresiasinya terhadap Suzuki yang telah memberikan bantuan oksigen concentrator. "Saya mewakili Pemerintah dan masyarakat Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh industri yang telah berbesar hati mengulurkan bantuan kemanusiaan dalam rangka pemenuhan kebutuhan penanganan Covid-19. Secara khusus saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Suzuki Indomobil Motor dan Suzuki Motor Corporation atas aksi kepeduliannya dalam menghadirkan wajah dan watak industri yang patriotik dan inklusif," kata Agus Gumiwang.

Bantuan oksigen concentrator tersebut selanjutnya akan disalurkan oleh Kementerian Perindustrian kepada Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, serta pemerintah provinsi di beberapa wilayah Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Oksigen concentrator sendiri merupakan alat pembuat oksigen portable yang memproses udara bebas di sekitar menjadi oksigen murni, sehingga tidak perlu melakukan isi ulang oksigen seperti pada tabung oksigen biasa. Oksigen concentrator dapat digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan medis di berbagai fasilitas kesehatan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement