Pembelian Tiket Transportasi Jamaah Umroh Bersifat Opsional

Kamis , 02 Sep 2021, 11:09 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Umroh masa pandemi
Umroh masa pandemi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengungkapkan, pembelian tiket layanan transportasi bagi mereka yang telah memperoleh izin umroh dan sholat di Masjidil Haram bersifat opsional.

 

Terkait

“Tiket dapat dibeli baik langsung melalui aplikasi Eatmarna atau saat tiba di titik berkumpul.  Pembelian dari titik berkumpul dapat dilakukan melalui kartu ATM atau membayar tunai,” kata kementerian dikutip di Saudi Gazette, Kamis (2/9).

Tiket yang dibeli melalui aplikasi Eatmarna disebut akan muncul di dalam tab 'tiket transportasi' pada aplikasi. Kementerian juga menyebut proses ini kemungkinan akan memakan waktu. Jika tiket yang tidak terpakai dibatalkan, nominal yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke akun jamaah. Selanjutnya, kementerian mencatat mereka tidak memiliki wewenang melakukan apa pun, utamanya dalam kasus pemesanan yang dilakukan melalui hotel.

Kementerian menyatakan izin umroh dan sholat di Masjidil Haram dapat dipesan untuk warga negara, ekspatriat, maupun pemegang visa kunjungan melalui aplikasi Eatmarna. Mereka yang masuk dalam daftar ini dapat memperoleh reservasi pada tanggal yang diinginkan, sesuai dengan ketersediaan janji.

Adapun pengaturan ini akan terjadi setelah pembaruan pada aplikasi Tawakkalna terkait status kesehatan jamaah. Hanya mereka yang telah menerima vaksinasi Covid-19 dua dosis, pulih dari infeksi, atau terhitung sudah 14 hari dari suntikan dosis pertama yang dapat mengakses hal tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini