Kamis 02 Sep 2021 13:55 WIB

Tugu Memorial untuk Muslim di Perang Dunia akan Dibuat

Tugu memorial itu untuk memperingati peran penting Muslim dalam Perang Dunia

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Tugu memorial untuk memperingati peran penting muslim dalam perang dunia
Foto: About Islam
Tugu memorial untuk memperingati peran penting muslim dalam perang dunia

IHRAM.CO.ID, LONDON – Sebuah badan amal Muslim Inggris sedang merencanakan New London Memorial untuk memperingati peran penting Muslim dalam Perang Dunia Pertama dan Kedua. National Muslim War Memorial Trust (NMWMT) mengatakan tugu peringatan baru itu akan membantu mendidik masyarakat tentang kontribusi Muslim kepada Angkatan Bersenjata Inggris melalui peran, pelayanan, dan pengorbanan mereka.

“Kontribusi luar biasa yang telah dibuat dan terus diberikan oleh tentara Muslim kepada Angkatan Bersenjata Inggris layak untuk diperingati dan dirayakan,” kata Wali Kota London, Sadiq Khan.

Khan menjelaskan komunitas Muslim telah memberikan hidup mereka untuk Inggris dan dihormati melalui monumen nasional terkemuka sehingga publik dapat mempelajari lebih banyak tentang pengorbanan mereka.

Rencana ini mendapat dukukangan dari Menteri Negara Pertahanan Baroness Annabel Goldie. Mengumpulkan tanda untuk monumen baru, NMWMT berharap itu akan menjadi yang pertama di Inggris untuk mengingat jutaan Muslim yang bertugas di Angkatan Bersenjata Inggris selama konflik.

“Kami sangat berharap untuk menarik perhatian dan mendapatkan lebih banyak pengakuan publik atas pengorbanan yang dilakukan oleh personel Muslim di Angkatan Bersenjata Inggris. Saya berterima kasih atas semua dukungan yang diperoleh kampanye kami,” kata Ketua NMWMT, Lord Mohamed Iltaf Sheikh, dikutip About Islam, Kamis (2/9).

“Dukungan Wali Kota London sangat signifikan karena peringatan pertama akan berlokasi di ibu kota,” tambahnya.

Banyak tentara Muslim berpartisipasi dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Sebuah studi oleh think tank British Future menyatakan hanya 22 persen orang di Inggris yang tahu bahwa Muslim telah berperang dalam Perang Besar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dosen Sastra Inggris di Universitas Birmingham City, Dr. Islam Issa, membuktikan 1,5 juta orang India dan 280 ribu orang Aljazair, Maroko, dan Tunisia berperang untuk Sekutu selama Perang Dunia I serta tentara yang direkrut dari bagian lain Afrika.

Menurut The National, setidaknya setengah juta Muslim India terdaftar di militer Inggris selama konflik. Setidaknya sepertiga, jika tidak lebih dari “Tentara India” Inggris yang berperang selama perang di banyak front adalah Muslim India karena persentasenya sangat tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement