Kamis 02 Sep 2021 16:13 WIB

Bersejarah, Angkatan Pertama Tentara Wanita Arab Saudi Lulus

Kelulusan angkatan pertama tentara wanita tersebut adalah bagian dari momen bersejara

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Angkatan Pertama Tentara Wanita Saudi Selesaikan Pelatihan
Foto: Saudi Gazette
Angkatan Pertama Tentara Wanita Saudi Selesaikan Pelatihan

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Angkatan pertama tentara wanita dari Pusat Pelatihan Kader pada Angkatan Bersenjata Wanita Arab Saudi diwisuda pada Rabu (1/9). Kelulusan angkatan pertama tentara wanita tersebut adalah bagian dari momen bersejarah dalam reformasi dan inisiatif pemberdayaan perempuan di Kerajaan Saudi.

Kepala Staf Umum Jenderal Fayyad Al-Ruwaili menyemarakkan upacara wisuda setelah menyelesaikan kursus individu dasar selama 14 pekan yang dimulai pada 30 Mei 2021. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Angkatan Bersenjata, Mayjen Adel Al-Balawi, dalam sambutannya mengatakan bahwa pusat tersebut bertujuan untuk memberikan layanan pelatihan profesional yang sangat baik untuk staf wanita di Kementerian Pertahanan di bidang kejuruan yang dibutuhkan kementerian tersebut.

Menurutnya, pusat ini memiliki misi penting, yaitu menyediakan program pelatihan dan kurikulum terkemuka dan lingkungan pendidikan yang ideal sesuai dengan standar kualitas internasional yang memenuhi kebutuhan kader angkatan bersenjata perempuan.

"Ini bertujuan untuk mencapai kinerja yang lebih baik yang membantu mewujudkan tujuan kementerian di masa depan," katanya, dilansir di Saudi Gazette, Kamis (2/9).

 

Sersan Kepala Suleiman Al-Maliki, yang juga penjabat komandan Pusat Pelatihan Kader Angkatan Bersenjata Wanita, juga berbicara pada kesempatan itu. Direktur Staf Gabungan Angkatan Bersenjata, Mayjen Hamid Al-Omari, dan sejumlah perwira senior Angkatan Bersenjata, juga menghadiri acara tersebut.

Sersan Kepala Hadi Al-Anezi, asisten komandan pusat, memberikan sumpah kepada para wisudawan. Dilanjutkan dengan pengumuman hasil dan nama-nama wisudawan yang berprestasi dan meraih hadiah.

Di akhir upacara, Jenderal Al-Ruwaili menyampaikan terima kasih atas kerja luar biasa dari staf pria dan wanita dari pusat tersebut dalam menyelesaikan misi besar lembaga. Diketahui, Arab Saudi membuka sektor Angkatan Bersenjata untuk wanita dengan mengizinkan kedua jenis kelamin untuk mendaftar melalui peluncuran portal penerimaan terpadu pada Februari tahun ini.

Pangkat militer dari prajurit hingga sersan tersedia untuk wanita di Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata. Wanita Saudi antara usia 21 dan 40 diizinkan untuk melamar posisi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement