Arab Saudi Pasang Main Door Screens di Masjid Nabawi

Jumat , 03 Sep 2021, 16:04 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Hafil
Arab Saudi Pasang Main Door Screens di Masjid Nabawi. Foto: Masjid Nabawi
Arab Saudi Pasang Main Door Screens di Masjid Nabawi. Foto: Masjid Nabawi

IHRAM.CO.ID,MADINAH --- Pintu-pintu Masjid Nabawi di Madinah kini dilengkapi dengan sebuah layar digital yang dapat memberikan informasi kepada jamaah tentang akses masuk maupun keluar dari Masjid Nabawi. Main doors screens, proyek ini diluncurkan oleh Imam untuk urusan dua masjid suci, Abdurrahman Al Sudais. Seperti dilansir Arab News pada Jumat (3/9) Syekh Al Sudais mengatakan proyek itu bertujuan untuk mempermudah jamaah haji dan umroh dengan mengurangi lalu lintas di Masjid Nabawi.

 

Terkait

Ia menjelaskan proyek main doors screens bertujuan untuk memfasilitasi manajemen kerumunan dengan memberi tahu pengunjung Masjid Nabawi tentang pintu masuk dan keluar yang ditentukan.

Baca Juga

Asisten Wakil Sekretaris Bidang Pemeliharaan, Teknis dan Operasional, Eng. Saad Bin Muhammad Al Ahmadi menjelaskan ada dua fase dalam program tersebut. Pada tahap pertama, 11 layar dipasang di pintu utama, dan pada tahap kedua akan dipasang 12 layar yang akan dikendalikan oleh ruang kendali utama.

Arab Saudi memang banyak melakukan terobosan baru dalam membantu memudahkan para jamaah dan peziarah di dua masjid suci dengan memanfaatkan teknologi modern. Seperti yang dilakukan pada Juni lalu, di mana Syekh Sudais juga meluncurkan  robot pintar yang berfungsi untuk mendistribusikan botol air Zamzam. Robot itu bekerja mendistribusikan air Zamzam tanpa campur tangan manusia dan tanpa mempengaruhi pergerakan di dalam dua Masjid Suci.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini