Jumat 03 Sep 2021 15:27 WIB

MCCC Gencarkan Vaksinasi di Pesantren

Yang sedang gencarkan yakni vaksinasi di pesantren dan penyandang disabilitas

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah santri menunggu untuk disuntik vaksin COVID-19
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Sejumlah santri menunggu untuk disuntik vaksin COVID-19

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah terus berupaya membantu pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi. Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan mengatakan salah satu upaya MCCC adalah dengan mendorong percepatan vaksinasi di pondok pesantren, sekolah dan madrasah terutama yang berada di bawah naungannya Muhammadiyah.

"MCCC selain menyelenggarakan vaksinasi bagi lansia, lintas agama, pelayanan publik juga ada dua yang sedang gencarkan yakni bagi pesantren dan penyandang disabilitas," kata Budi pada Jumat (3/9).

Meski begitu Budi belum dapat menyampaikan data jumlah santri dan siswa yang telah divaksin serta stok vaksin yang tersedia bagi pesantren dan sekolah. Namun demikian pada Senin (30/8), para santri Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta telah mengikuti vaksinasi dosis pertama di Gedung Siti Munjiyah Madrasah Muallimaat.

Vaksinasi ini digelar bagi santriwati kelas III dan kelas VI. Terhitung ada 66 santriwati kelas III dan 41 santriwati kelas VI mengikuti program vaksinasi Covid-19 tersebut. Sementara itu, di gelombang pertama, sebanyak 42 santriwati kelas III sudah mendapat dosis yang sama pada tanggal 18 Agustus 2021 di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta Jalan Letjen S Parman, Wirobrajan, Yogyakarta.

Sebelumnya pada Selasa (2/9) MCCC bersama Kementerian Kesehatan RI dan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara serta RS PKU Muhammadiyah dan Klinik Utama PKU Muhammadiyah Merden  melaksanakan vaksinasi Covid-19 di RS PKU Muhammadiyah Merden yang berlokasi di Jalan Merden-Kalimendong, Purwanegara, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kegiatan vaksinasi ini menargetkan peserta sebanyak 2.000 orang, vaksinasi diperuntukkan bagi masyarakat lintas agama, pelayan publik, dan masyarakat umum, dan akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 2-3 September 2021. Adapun tim vaksinator berasal dari RS PKU Muhammadiyah Merden dan Klinik Utama PKU Muhammadiyah Merden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement