Sabtu 04 Sep 2021 05:45 WIB

Muslim Moncton: Islamofobia Meningkat di Kanada

Islamofobia berdampak besar pada komunitas Muslim.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Moncton: Islamofobia Meningkat di Kanada
Foto: Foto : MgRol_92
Muslim Moncton: Islamofobia Meningkat di Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Asosiasi Muslim Moncton mengatakan insiden Islamofobia telah meningkat di Moncton, Kanada, Amerika Serikat selama lima tahun terakhir. Ia meminta pemerintahan kanada bisa mengatasi hal tersebut.

"Saya mendengar lebih banyak cerita dari anggota dalam beberapa tahun terakhir tentang menjadi subyek komentar dan kritik terkait dengan keyakinan mereka dalam Islam. Peningkatan menjadi sangat terlihat setelah Donald Trump terpilih sebagai presiden Amerika Serikat. Itu benar-benar mengubah banyak hal. Dan sekarang orang lebih terbuka dalam pandangan ekstrem mereka daripada sebelumnya," kata Ketua Asosiasi Muslim Moncton Abdal Khan dikutip CBC, Jumat (3/9).

Baca Juga

Ia mengatakan komunitas Muslim masih merasa nyaman di Moncton. Mereka juga berhati-hati setiap kali mereka keluar di depan umum. Setiap hari semakin banyak peristiwa yang terjadi dan semakin banyak orang merasa perlu berhati-hati saat keluar.  

"Jadi, itu pasti berdampak besar pada komunitas Muslim. Kekerasan dan ancaman yang diilhami oleh pandangan islamofobia telah mengguncang komunitas di seluruh Kanada dalam beberapa tahun terakhir," kata dia.

 

Juru Bicara Dewan Nasional Muslim Kanada Fatema Abdalla mengatakan serangan terhadap warga sangat memprihatinkan dan menyoroti perlunya sesuatu dilakukan untuk mengatasi islamofobia di Kanada. "Ini masalah nasional dan membutuhkan upaya nasional," kata dia.

Fatema menyerukan rencana aksi nasional melawan islamofobia ini. Ia juga berharap kelanjutan serangan ini menunjukkan urgensi ini dan menempatkannya di garis depan, dari daftar prioritas setiap politikus. 

Awal tahun ini, dewan merilis sebuah dokumen yang berisi rekomendasi kebijakan untuk pemerintah federal, provinsi dan kota untuk memerangi islamofobia. Rekomendasi tersebut termasuk pendanaan untuk dana dukungan nasional untuk korban kejahatan bermotivasi kebencian dan ketentuan baru dalam KUHP seputar penyerangan bermotif kebencian, pembunuhan, ancaman dan kerusakan yang mencakup hukuman khusus yang sesuai dengan setiap pelanggaran.

Sumber: https://www.cbc.ca/news/canada/new-brunswick/muslim-islamophobia-new-brunswick-1.6162846

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement