Bosnia Kembali Buka Masjid Warisan Utsmaniyah

Sabtu , 04 Sep 2021, 21:39 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Bascarsija di Sarajevo, Bosnia.
Masjid Bascarsija di Sarajevo, Bosnia.

Pemugaran Masjid Bascarsija terbaru dan terlengkap dilakukan oleh Direktorat Jenderal Yayasan Turki bekerja sama dengan Direktorat Wakaf Persatuan Islam Bosnia dan Herzegovina Sarajevo.

 

Terkait

Pemugaran Masjid Bascarsija adalah bagian dari beberapa proyek yang telah dilakukan Direktorat Jenderal Yayasan Turki dengan tujuan untuk memulihkan struktur Era Ottoman di Bosnia. Hubungan antara Turki dan Bosnia-Herzegovina ini dimaksudkan untuk melindungi warisan budaya bersama dan memperkuat ikatan antara kedua negara.

Pemugaran masjid memakan waktu tiga tahun dari 2017 hingga 2020. Meskipun masjid telah membuka pintunya untuk ibadah tahun lalu, upacara pembukaan yang awalnya ditetapkan untuk peringatan Miraj 2020 (21 Maret 2020) ditunda karena Covid-19 tindakan pencegahan.

Kemudian tepat pada 27 Agustus lalu, sebagai bagian dari kunjungannya ke Bosnia-Herzegovina, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengunjungi Masjid Bascarsija di Sarajevo untuk melakukan upacara pembukaan resminya setelah melaksanakan salat Jumat di Masjid tersebut.