Senin 07 Mar 2022 07:15 WIB

Sebelum Dikonsumsi, Ketahui Manfaat Minuman Kolagen dan Efek Sampingnya

Bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, ternyata ini manfaat minuman kolagen dan efek sampingnya. Jangan sampai salah dan tetap bijak!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Kesehatan
Kesehatan

Sejak dulu, minuman kolagen dan suplemennya telah dikenal sebagai salah satu asupan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Merupakan salah satu protein structural dari asam amino, kolagen mempunyai beraneka macam manfaat untuk tubuh dan kulit. Adapun keberadaannya bisa berjumlah sekitar 30-75% dari total jumlah protein di dalam tubuh.

Lalu sebenarnya, apa itu kolagen? Secara singkat, kolagen adalah protein berserat yang dapat ditemukan di setiap bagian tubuh. 

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Ikan dan Seafood Bagi Tubuh

 

Bagaimana Kolagen Terbentuk dalam Tubuh dengan Alami?

kolagen

Kolagen dan Usia

Kolagen dapat terbentuk secara alami di dalam tubuh setelah kamu mengonsumsi sejumlah makanan tertentu yang mengandung vitamin C, antioksidan, atau ginseng. 

Beberapa contoh makanan dan minuman yang mengandung kolagen adalah ikan, kaldu tulang, telur, daging ayam dan sapi, buncis, serta sayur-mayur dan buah-buahan. Di samping asupan nutrisi, gaya hidup dan lingkunganmu juga dapat memengaruhi pembentukan kolagen alami pada tubuhnya.

Seiring dengan bertambahnya umur, kolagen yang diproduksi dalam tubuh pun akan berkurang. Memasuki umur 30 tahun, manusia akan kehilangan kolagen sebanyak 15-20%. Di umur 50 tahun mencapai 35-40%.

Untuk itu, jagalah agar pola hidup dan makanmu tetap sehat dengan selalu mengonsumsi menu makanan kaya akan gizi serta nutrisi, rajin berolahraga dan menghindari rokok, stress serta terlalu lama terpapar sinar matahari dan radikal bebas. 

Perlukah Konsumsi Minuman Kolagen?

Minuman yang mengandung kolagen kini telah semakin banyak diperjualbelikan di pasaran. Dibuat untuk berbagai kebutuhan kesehatan dan kecantikan, kolagen saat ini sudah banyak dijumpai dalam berbagai bentuk. 

Selain ada yang berbentuk cream, serbuk, kapsul, dan tablet, ada juga minuman kolagen yang sudah terhidrolisasi untuk kebutuhan konsumsi. Jika dikonsumsi dengan benar, kamu pun bisa mendapatkan manfaat minuman kolagen berikut ini.

Manfaat Minuman Kolagen

manfaat minuman kolagen

Manfaat Minuman Kolagen

  1. Membuat Kulit Lebih Awet Muda

    Kolagen banyak diminati lantaran bermanfaat besar bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Selain dapat menghaluskan serta menyamarkan kerutan, kolagen juga berfungsi untuk melembapkan dan mengencangkan kulit. 

    Karena mampu melancarkan sirkulasi darah dan menghidrasi, alhasil kulit pun jadi lebih kenyal dan terhindar dari risiko penuaan dini.

    Kolagen tipe I dan III diklaim dapat membuat awet muda dan mencegah terjadinya penuaan dini. Alhasil, kulit pun tetap tampak seperti remaja belia dengan tingkat elastisitas dan kekencangan yang tinggi.

  2. Sembuhkan Luka 

    Asupan kolagen yang cukup dapat membantu proses penyembuhan cedera dan luka pada kulit terjadi lebih cepat. Kolagen yang cukup akan membantu recovery karena sel-sel yang rusak semakin cepat terganti. 

  3. Membakar Lemak serta Tingkatkan Struktur dan Massa Otot

    Asupan kolagen yang berimbang juga dapat membantumu mencegah kegemukan. Karena kandungan asam amino dan glisin terkonsentrasi, kamu pun bisa terhindar dari obesitas. 

    Selain itu, kolagen tipe III juga mendukung pembentukan struktur otot, menguatkan pembuluh darah dan organ tubuh. Sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kehilangan massa otot. 

  4. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

    Asupan kolagen tipe II pun dapat membantu mengatasi rasa nyeri saat sendi mengalami peradangan dan mengurangi risiko osteoarthritis. Adapun kolagen tipe I diketahui dapat membantu tubuh merawat struktur tendon, sendi, serta jaringan ikat. 

    Sehingga, kolagen pun dapat membantu tulang tetap padat dan terhindar dari pengeroposan, khususnya bagi wanita yang lebih rentan mengalami osteoporosis. 

  5. Menyehatkan Usus dan Sistem Pencernaan

    Berperan untuk menjaga metabolisme tubuh dan membantu memecah protein, rupanya kolagen pun dapat menjaga kesehatan usus serta sistem pencernaan. Kolagen berfungsi untuk menguatkan lapisan pelindung di dinding usus sehingga air pun dapat terserap dengan lebih baik. Alhasil, pencernaan pun jadi semakin lancar.

  6. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

    Tak ketinggalan, kolagen juga baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Tak hanya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kolagen berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh arteri yang mengedarkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.

  7. Bermanfaat untuk Keindahan Rambut dan Kuku

    Dengan kandungan antioksidannya, kolagen dapat mengatasi rambut rontok, rambut yang terlampau tipis dan tidak kuat, melindungi folikel rambut, serta memperlambat kemunculan uban. 

    Sementara untuk kuku, kolagen dapat membantu memperkuat sehingga kuku pun jadi tak mudah patah. 

  8. Meringankan Kinerja Ginjal Saat Menyaring Racun

    Manfaat minuman kolagen terakhir yang tak kalah pentingnya adalah membantu kinerja ginjal saat menyaring racun. Kadar kolagen yang cukup dalam tubuh dapat memaksimalkan kinerja ginjal sebagai filter racun di badanmu. 

Baca Juga: Ayo Cari Tahu Manfaat Suntik Vitamin C dan Efek Sampingnya

Waspadai Efek Samping Kolagen!

Kendati banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, namun minuman yang mengandung kolagen rupanya mempunyai sejumlah efek samping. Jika dikonsumsi berlebihan, efek samping yang dapat ditimbulkannya pun bisa beragam.

  • Bau mulut.
  • Sakit kepala dan mood yang buruk (mudah cemas, gugup, stress, depresi)
  • Kelelahan.
  • Insomnia (bagi mereka yang sensitif terhadap kandungan glutamic acid yang terdapat dalam sebagian jenis kolagen).
  • Gangguan pencernaan atau konstipasi.
  • Mengganggu irama pada jantung. 
  • Muntah-muntah dan mual.
  • Reaksi alergi.
  • Keluhan nyeri sendi dan tulang.
  • Hiperkalsemia (kelebihan kalsium).
  • Heartburn atau rasa nyeri di ulu hati.
  • Wajah yang bengkak akibat reaksi autoimun.
  • Risiko terkena diabetes dan obesitas. 

Minuman kolagen yang disajikan dengan perisa dan pemanis dapat meningkatkan risiko terkena diabetes yang berbahaya. Itulah sebabnya minuman kolagen tak selalu baik bagi penderita diabetes dan orang yang harus menjaga berat badannya agar tetap ideal dan tidak kegemukan.

Minuman kolagen yang berlebih juga tak baik bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit batu ginjal. Hindari konsumsi kolagen dalam jangka waktu lama dan dengan jumlah besar. Selalu barengi konsumsi kolagen dengan meminum air putih yang banyak untuk meminimalisir beberapa efek samping di atas.

Jadi, tetap berhati-hati dan selalu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi kolagen minuman atau bentuk lainnya ya! Dengan begitu, kesehatanmu pun dapat terus terjaga mengingat hal ini merupakan salah satu bentuk investasi terbesar bagi masa depan.

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini, Biar Kulit Tak Mengalami Penuaan Dini

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement