Senin 06 Sep 2021 06:31 WIB

10 Kebaikan untuk Mukmin yang Disebutkan Alquran

Allah SWT memberikan kebaikan kepada orang-orang yang beriman

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT memberikan kebaikan kepada orang-orang yang beriman. Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Allah SWT memberikan kebaikan kepada orang-orang yang beriman. Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, – Barang siapa yang kehilangan persahabatan kaum Mukminin dan pembelaan Allah SWT terhadap mereka, ketika Allah membela orang-orang yang beriman, maka, sebagai konsekuensi iman, dia kehilangan segala kebaikan yang Allah jelaskan dalam Kitab-Nya.

Jumlahnya sekitar seratus jenis. Setiap jenisnya lebih baik daripada dunia dan isinya. Dikutip dari buku Ad-Daa wad Dawa' karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, berikut 10 di antara kebaikan yang terdapat dalam Alquran bagi orang-orang Mukmin tersebut adalah: 

Baca Juga

1. Allah memberikan pahala yang besar kepada mereka

...وَسَوْفَ يُؤْتِ اللّٰهُ الْمُؤْمِنِيْنَ اَجْرًا عَظِيْمًا "Dan kelak Allah akan memberikan pahala yang besar kepada orang-orang yang beriman." (QS An Nisa ayat 146).

 

2. Allah mencegah kejahatan dunia dan akhirat dari mereka  

اِنَّ اللّٰهَ يُدَافِعُ عَنِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۗ  "Sesungguhnya Allah membela orang yang beriman...." (QS Al Hajj ayat 38) 

3. Para Malaikat dan pembawa Arsy memintakan ampunan untuk mereka  

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا...

"(Malaikat-malaikat) yang memikul Arsy dan (Malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Rabbnya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman. ...." (QS Al Mu'min ayat 7) 

4. Allah bertindak sebagai wali (Pelindung) mereka. Sungguh, Allah tidak akan menghinakan siapa saja yang menjadikan-Nya sebagai walinya 

اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا...“Allah Pelindung orang yang beriman.” (QS Al-Baqarah ayat 257) 

5. Perintah Allah kepada para Malaikat untuk meneguhkan pendirian orang-orang Mukmin 

اِذْ يُوْحِيْ رَبُّكَ اِلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ اَنِّيْ مَعَكُمْ فَثَبِّتُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۗ... "(Ingatlah), ketika Rabbmu mewahyukan kepada para Malaikat, "Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkanlah (pendirian) orang-orang yang telah beriman...."" (QS Al Anfal ayat 12) 

6. Kaum Mukminin mendapatkan kedudukan, ampunan, dan rizki yang mulia di sisi Rabb mereka. Sebagaimana dalam firman Allah SWT: 

...لَهُمْ دَرَجٰتٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌۚ Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia. (QS Al Anfal ayat 4)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement