Selasa 07 Sep 2021 08:38 WIB

Kemenag Apresiasi Mock Up Pesawat di Asrama Haii Makassar

Mock up digunakan sebagai media bimbingan manasik jamaah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Petugas memeragakan tatacara manasik haji
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas memeragakan tatacara manasik haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --- Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Nur Arifin mengapresiasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Makassar yang memiliki berbagai fasilitas yang sangat baik dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya fasilitas mock up pesawat yang dibuat detail sebagaimana pesawat Boeing Type 777-300-IIR. Nur Arifin meminta Kepala UPT Asrama Haji Makassar agar mock up pesawat tersebut dimaksimalkan sebagai media bimbingan manasik baik kepada Jemaah haji maupun Jemaah umroh.

Mock up pesawat ini sangat dibutuhkan dalam proses bimbingan manasik kepada jamaah umrah. Saya berharap jamaah sudah familiar dan tidak banyak kendala lagi ketika  berada di dalam pesawat saat perjalanan umroh,” kata Nur Arifin saat meninjau langsung Asrama Haji Makassar seperti rilis yang diterima melalui pesan singkatnya pada Selasa (7/9).

Nur Arifin menjelaskan  Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, PPIU wajib memberikan bimbingan kepada Jamaah umroh. Bimbingan yang dimaksudkan bukan hanya bimbingan ibadah tetapi ada juga bimbingan perjalanan dan bimbingan kesehatan.

“Data jamaah haji dan umroh mayoritas merupakan orang daerah yang belum pernah naik pesawat. Hal yang membuat kaget jamaah adalah toilet pesawat yang sempit dan sangat berbeda dengan toilet rumah, sehingga jamaah butuh latihan penggunaan toilet pesawat. Jamaah umroh dapat menggunakan mock up pesawat ini bukan hanya untuk latihan penggunaan fasilitas tetapi dapat belajar bagaimana tata cara tayammum dan sholat sambil duduk di pesawat,” kata Nur Arifin .

Mock up yang berada di dalam Asrama Haji Makassar tersebut memiliki kursi 90 seat. Di dalamnya terdapat lavatory atau toilet yang sama persis sebanyak dua unit. Selain itu mock up juga dilengkapi dengan bagasi barang sampel satu terbuka, control room, CCTV, air conditioned (AC), TV, baju pelampung, kantong oksigen, dan sabuk pengaman.

Kunjungan dalam rangka pengawasan pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Asrama Haji pada Masa Pandemi tersebut bertujuan untuk melihat langsung pengelolaan dan pelayanan Asrama Haji kepada masyarakat pada Masa Pandemi ini. UPT Asrama Haji Makassar selama masa pandemi Covid-19 tetap membuka layanan dan digunakan pula sebagai tempat karantina pasien Covid 19.

Dalam kunjungan itu ditekankan perlunya penguatan sarana prasarana pada UPT Asrama Haji Makassar. Selama kunjungan kerja, digelar pula pertemuan untuk evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan di Asrama Haji.  Hasil evaluasi disebutkan bahwa pelaksanaan pelayanan di asrama haji selama masa pandemi dapat berjalan lancar sesuai aturan dan selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid Provinsi Sulawesi Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement