Rabu 08 Sep 2021 11:58 WIB

Wapres: Pemerintah Pacu Vaksinasi Dua Juta per Hari

Jumlah vaksinasi Covid-19 saat ini sudah ada di atas satu juga per hari.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Pemerintah saat ini terus memacu peningkatan target vaksinasi Covid-19 setiap hari menjadi dua juta dosis. Wapres mengatakan, jumlah vaksinasi Covid-19 saat ini sudah ada di atas satu juga per hari.

"Sekarang sudah naik. Tadinya di bawah satu juta sekarang sudah di atas satu juta. Nah sekarang sedang dipacu supaya lebih dari dua juta. Nah itu yang sedang diusahakan," ujar Wapres di sela peninjauan pelaksanaan PTM terbatas di SMK 19 Jakarta, Rabu (8/9).

 

Wapres mengatakan, target peningkatan vaksinasi Covid-19 ke masyarakat saat ini juga terus meningkat setiap harinya. Karena itu, Wapres optimistis target itu bisa tercapai.

 

"Sudah mulai dilakukan. Sudah ada kenaikan-kenaikan tiap harinya," ujar Wapres.

 

Wapres memastikan, ketersediaan vaksin untuk mengejar percepatan vaksinasi itu sudah cukup untuk dua kali penyuntikan. Semula kata Wapres, target vaksinasi Covid-19 ke 77 persen penduduk diharapkan selesai pada akhir Desember 2021.

 

Namun demikian, terdapat beberapa tantangan selama percepatan vaksinasi tersebut, salah satunya vaksinator di daerah-daerah.

 

"Mempercepat vaksinasinya, nah ini menyangkut pertama tentu dengan tersedianya vaksinator yang bisa didistribusikan," ujarnya.

 

Karena itu, tenaga vaksinator tidak bisa hanya mengandalkan tenaga kesehatan dari dinas dinas kesehatan daerah, tetapi juga ada intervensi pihak lain yakni TNI/Polri, tenaga dari BKKBN, hingga keterlibatan tenaga kesehatan dari organisasi maupun kelembagaan lainnya.

 

"Nah ini semua dikerahkan. Selain tenaga dinas kesehatan, TNI, Polri, BKKBN juga ada relawan-relawan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement